• Sabtu, 20 Agustus 2022

Ditangkap 6 Tersangka, HAMI Apresiasi Polri Terhadap Perkara Promosi Minuman Alkohol Gratis

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 22:54 WIB
Sekjen HAMI  Yusuf Adi Prabowo
Sekjen HAMI Yusuf Adi Prabowo



SUARAKARYA.ID:Kreatifitas digital berupa  promosi minuman alkohol gratis bagi orang yang bernama Muhammad dan Maria yang dilakukan Holywings berbuntut panjang.

Polemik kasus ini berasal dari postingan akun instagram holywings, @holywingsindonesia, Kamis (23/6/2022) yang berisi promo miras bagi pengunjung yang bernama Muhammad dan Maria.

Dalam jumpa persnya Polres Metro Jakarta Selatan telah menangkap dan menahan 6 tersangka
pria inisial EJD (27) selaku creative director Holywings
Perempuan inisial NDP (36), selaku head team promotion
Pria inisial DAD (27), pembuat desain promo yang viral
Perempuan inisial EA (22), tim admin media social
perempuan inisial AAB (25), selaku socmed officer
pria inisial AAM (25) selaku admin tim promo yang beri request
yang kesemuanya adalah orang yang bekerja pada HW (Holywings), Pasal 156 dan Pasal 156A KUHP itu merupakan pasal penodaan agama.

 Sedangkan pasal 28 ayat 2 UU ITE itu mengatur soal larangan ujaran kebencian terkait suku, agama, ras, dan antargolongan (Sara) itu dijerat dengan pasal penistaan agama dan UU ITE terkait ujaran kebencian.

"Ada beberapa pasal. Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 dan juga Pasal 156 atau pasal 156A KUHP. Pasal 28 ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016, yaitu perubahan atas UU 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Wijaya I, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).

"Kami mengapresiasi kinerja Polri yang sangat cepat dalam merespon dan menindak lanjut penanganan perkara holywings karena benar- benar membuat kegaduhan dan kami tegaskan nama Muhammad dan Maria adalah simbol nama dalam agama Islam dan Nasrani yang tidak boleh digunakan untuk main-main dan promo tersebut melukai perasaan umat Islam dan Nasrani, " katanya.

Ia mengatakan dengan ditangkapnya 6 orang tersebut dan ditetapkan sebagai tersangka maka sudah pasti menurut penyidik perbuatan tersebut memenuhi unsur tindak pidana dan bukti yang cukup,"  kata Sekjen Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Yunus Adhi Prabowo, Minggu (25/6/2022).

Seperti diketahui perkara holywings berdasarkan  laporan Polisi model A dari Polres Metro Jakarta Selatan, Laporan Polisi yang dilakukan HAMI telah teregister dengan nomor STTLP/B/3135/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya, dilakukan oleh Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), KONI Provinsi DKI Jakarta. ***

Editor: Gungde Ariwangsa

Terkini

X