• Selasa, 16 Agustus 2022

Targetkan 1000 Ekor Kambing, Baznas (Bazis) DKI Jakarta Mudahkan Masyarakat Berkurban

- Jumat, 24 Juni 2022 | 18:26 WIB
Ketua Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta DR Akhmad Abubakar, MM (ketiga dari kiri) didampingi para pimpinan Baznas Bazis menyampaikan penjelasan kepada wartawan terkait  program  Kurban Semakin Istimewa, di kantornya, Jumat (24/6/2022).
Ketua Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta DR Akhmad Abubakar, MM (ketiga dari kiri) didampingi para pimpinan Baznas Bazis menyampaikan penjelasan kepada wartawan terkait program Kurban Semakin Istimewa, di kantornya, Jumat (24/6/2022).



SUARAKARYA.ID: Badan Amil Zakat Nasional  Badan Amil Zakat Infak Sedekah Baznas ( Baznas Bazis) DKI Jakarta memastikan akan menggelar sholat Idul Adha di lapangan Jakarta International Stadium (JIS).

Dalam momen itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajaran Pemprov DKI  lainnya akan melaksanakan sholat Idul Adha di JIS, Sabtu (9/7/2022).

Gubernur Anies,  Wagub Ariza dan para pejabat Pemprov DKI diharapkan secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada Ketua Baznas (Bazis) DKI DR Akhmad Abubakar,MM. Untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat.

Terkait momentum Idul Adha, Baznas (Bazis) mentargetkan akan menebar hewan kurban hingga 1000 ekor.

“Tahun ini, kita targetkan 1000 ekor hewan kurban. Ikhitiar kita dengan kolaborasi dan mendidik warga, kita berkolaborasi dengan BUMD, BUMN, Korpri atau elemen masyarakat lain. Kita juga akan membuka kolaborasi dengan individu dan kelompok masyarakat agar target ibadah kurban bisa mencapai 1000 ekor,” ujar Ketua Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta Akhmad H. Abubakar, MM kepada wartawan,  di kantornya  Gedung Bina Spiritual, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jum’at (24/6/2022).

Bertemakan ”Kurban Semakin Istimewa”, pihaknya akan melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis kepada tokoh masyarakat ulama untuk kemudian didistribusikan ke masyarakat Jakarta.

Bahkan, informasinya, Presiden Joko Widodo pun diagendakan untuk menyerahkan hewan kurban kepada masyarakat Jakarta melalui Baznas Bazis DKI di JIS.

“Hewan kurban yang kita targetkan itu akan kita distribusikan dalam bentuk daging kaleng, hewan hidup, dan dalam bentuk daging segar yang sudah dipotong,” katanya.

Kendati salat Idul Adha di JIS, pihaknya memastikan pemotongan hewan kurban tidak akan dilakukan di JIS.

Menurutnya, ibadah kurban menjadi istimewa karena setiap umat Islam wajib melakukannya jika kondisi ekonomi mereka sudah mampu.

Tahun  2021, ujarnya, Baznas Bazis DKI Jakarta menargetkan 500 ekor hewan kurban namun bisa terealisasi hanya 85 persen.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban TB Fatahillah mengatakan, pihaknya menargetkan akan mendapatkan dana hingga Rp14 miliar agar target 1000 ekor hewan kurban itu tercapai.

Dana ini ditargetkan didapat dari Rp6,5 miliar dari masyarakat umum, Rp6,5 miliar dari kolaborator, dan dana infak sedekah dari salat Idul Adha di JIS ditargetkan mencapai Rp1 miliar.

“Daging hewan kurban kita distribusikan ke seluruh pelosok Jakarta, termasuk ke kepulauan Seribu. Bahkan, daging yang dikalengkan akan didistribusikan untuk korban bencana karena itu lebih awet,” ucapnya.

Gubernur Anies diharapkan menyampaikan imbauan kepada ASN, BUMD dan masyarakat luas di Jakarta agar menyalurkan hewan kurban melalui Baznas (Bazis) Provinsi DKI.

"Kami juga telah memasang backdrop, spanduk  di tempat-tempat strategis agar memudahkan masyarakat berkurban melalui Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta," kata Fatahillah.

Bagi masyarakat yang akan berkurban melalui Baznas-Bazis DKI Jakarta, masyarakat diperkenankan untuk mendatangi posko atau bisa melalui online https://baznasbazisdki.id/kurban.

Kemudian via rekening BCA 0359118181 Bank DKI 702 09 3333 30.

Harga kurban,  kambing  (18-20 Kg) Rp2.800.000, 1/7 sapi rendang  25 kaleng @nett 200 gr. Sapi 1 ekor  (200-230 kg) Rp19.600.000. ***



Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Fajar Paper Terus Terapkan Ekonomi Sirkular

Kamis, 11 Agustus 2022 | 23:21 WIB
X