• Rabu, 10 Agustus 2022

SPAM Tanah Merah Siap Layani Kebutuhan Air Bersih, Beroperasi Pada Juni 2023

- Rabu, 22 Juni 2022 | 15:53 WIB
Direktur Operasional PT PP Infrastruktur Satya Priambodo. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id)
Direktur Operasional PT PP Infrastruktur Satya Priambodo. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id)

SUARAKARYA.ID: Pemancangan tiang pertama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tanah Merah merupakan awal dimulainya tahapan kontruksi pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPA) yang diharapkan dapat mengaliri air minum di tahun 2023 dengan kualitas sesuai Permenkes nomor 492/2010.

Demikian dikatakan Direktur Operasional PT PP Infrastruktur Satya Priambodo pada Rabu (22/6/2022). Ia mengatakan, IPA menggunakan teknologi handal dan material beton dengan kapasitas distribusi 200 liter per detik yang dilengkapi reservoir glass fused steel kapasitas tampung 3.5000 m3.

"Sistem pengoperasian otomatis menggunakan Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) sehingga proses pengolahan air minum dapat dipantau setiap saat, 24 jam per hari secara real time," ujarnya.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Air Minum Di Madura, KemenPUPR Lakukan Optimalisasi 3 SPAM

Ia menyebut, SPAM Tanah Merah akan melayani pelanggan domestik dan komersial di area pelayanan Cabang Lemahabang-yang saat ini baru dilayani IPA eksisting kapasitas 50 liter per detik.

Adapun PT PP Tirta Tanah Merah (anak perusahaan) akan mengoperasikan IPA Tanah Merah kapasitas distribusi 200 liter per detik ini dengan mengutamakan 3 K yakni kualitas, kuantitas, dan kontinuitas, sehingga dapat meningkatkan standar kehidupan masyarakat, pelaku bisnis, dan industri.

"Dalam setahun ini kita akan selesaikan. Insya Allah, di bulan Juni 2023 masyarakat sudah bisa menikmati air," ucapnya.

Baca Juga: Cukupi Air Bersih Labuan Bajo, KemenPUPR Selesaikan Pembangunan SPAM Wae Mese II

Satya mengatakan, pihaknya hadir sebagai BUMN melalui PP Infrastruktur adalah perusahaan investasi khusus di bidang infrastruktur yang merupakan anak dari PT PP Persero Tbk yang merupakan kontruksi dan investasi.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Digelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur DKI

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 06:53 WIB

Diluncurkan Rumah Sehat Untuk Masyarakat Jakarta

Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:14 WIB
X