• Rabu, 10 Agustus 2022

Terisolasi Bau Limbah, Warga Bantaran Kali Sadang Minta Pj Bupati Bekasi Tindak Tegas Perusahaan Nakal

- Senin, 20 Juni 2022 | 00:27 WIB
Spanduk Stop Pencemaran Sungai terpampang di Kali Sadang Jembatan Rengas Blok M, Perumahan Villa Mutiara, Cibitung, Kabupaten Bekasi. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id)
Spanduk Stop Pencemaran Sungai terpampang di Kali Sadang Jembatan Rengas Blok M, Perumahan Villa Mutiara, Cibitung, Kabupaten Bekasi. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id)

SUARAKARYA.ID: Warga di sekitar bantaran Kali Sadang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menindak serius perusahaan biang kerok yang membuang limbah di aliran sungai hingga menyebabkan pencemaran lingkungan.

"Bukan hanya tindakan administratif yang diberikan pemerintah daerah kepada perusahaan nakal yang tidak lengkapi izin pengelolaan air limbah (Ipal) nya, jika perlu perusahaan itu ditutup hingga ditindak pidana," tegas Sugeng saat berbincang santai dengan awak media, Minggu (19/6/2022).

Menurutnya, tindakan tegas ini sebagai efek jerah bagi perusahaan bandel agar tidak lagi membuang limbah ke aliran air sungai. Karena, buang limbah sembarangan merupakan tindakan yang melanggar hukum atau tindak kejahatan lingkungan.

 Baca Juga: Lingkungan Sehat, Keluarga Sejahtera Lewat Pengelolaan Limbah Domestik Anorganik  

"Pemda harus tegas se tegas-tegasnya menindak perusahaan nakal yang tanpa memperhatikan dampak lingkungan," tandasnya.

Sugeng mengatakan, sejak puluhan tahun Kali Sadang sudah tercemari limbah B3 dari perusahaan. Bahkan, seringkali pejabat teras datang meninjau air Kali saat tercemar limbah.

"Segala aparat negara seperti Bupati, DPRD, Dinas Lingkungan Hidup sudah pada ke sini (Kali Sadang) ngecek. Saya pikir sudah clear, tapi masih saja bau limbah," tuturnya.

 Baca Juga: IPAL Krukut Milik Perumda Paljaya Mampu Layani Pengolahan Air Limbah Dari 2,4 Juta Manusia

Ia juga mengaku, setiap pagi, sore dan malam, warga selalu merasakan bau limbah yang menyengat seperti limbah solar, tekstil dan lainnya.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Digelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur DKI

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 06:53 WIB

Diluncurkan Rumah Sehat Untuk Masyarakat Jakarta

Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:14 WIB
X