• Kamis, 11 Agustus 2022

Kolaborasi Geber Ciliwung Bersih Diapresiasi Dan Disambut Antusias Masyarakat

- Minggu, 19 Juni 2022 | 09:40 WIB
Penyerahan bak sampah modern dari Kasdam Jaya  Btigjen TNI Edy Sutrisno kepada perwakilan warga yang tinggal di DAS Ciliwung, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Afan Ardiansyah kepada perwakilan warga di Rindam Jaya, Sabtu (18%6/2022).
Penyerahan bak sampah modern dari Kasdam Jaya Btigjen TNI Edy Sutrisno kepada perwakilan warga yang tinggal di DAS Ciliwung, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Afan Ardiansyah kepada perwakilan warga di Rindam Jaya, Sabtu (18%6/2022).




SUARAKARYA.ID: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kodam Jaya mengapresiasi kolaborasi strategis antara Pemprov DKI Jakarta, Kodam Jaya, PT PPLI, NGO Indonesia Care dan Jurnalis Peduli Lingkungan  yang menggelar event  Gerakan Bersama ( Geber) Ciliwung Bersih.

Kegiatan ini juga mendapat respon antusias dari masyarakat yang tinggal   di Daerah Aliran Sungai (DAS), Sabtu (18/6/2022).

Geber Ciliwung ini digelar dalam  waktu tiga hari, Kamis, Jumat, dan Sabtu (15,16,17 Juni 2022).

Pada hari Sabtu pagi (18/6/2022) Geber Ciliwung Bersih ditandai dengan kegiatan menyusuri Sungai Ciliwung dari Jembatan TB Simatupang, Kampung Gedong hingga Rindam Jaya oleh  belasan personil TNI, Pemprov DKI, NGO Indonesia Care, masyarakat sekitar dan media masa.

Kasdam Jaya Brigjen TNI Edy Sutrisno mengatakan, kerja sama membersihkan sampah di DAS menjadi kegiatan rutin dari personil Rindam Jaya).

"Kolaborasi ini sangat strategis karena memelihara kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua. Soal masyarakat di DAS yang masih membuang sampah yang tidak  pada tempatnya. Mari kita terus sosialisasikan perlunya memelihara lingkungan agar ke depan kebiasaan-kebiasan tidak baik itu tidak dilakukan lagi. Kami sangat mengapresiasi kolaborasi  semua pihak ini," kata Brigjen Edy Sutrisno.


Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Pemprov DKI Afan Ardiansyah mengatakan, sungai itu menjadi sumber kehidupan masyarakat.

" Sungai Ciliwung itu sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Jakarta. Saat ini kondisi Ciliwung jauh lebih baik dibanding masa lalu," ujar Afan.

Menurut Afan, kualitas DAS dan air sungai Ciliwung belum sebaik sungai-sungai di negara- negara maju.

" Tetapi ke depan DAS akan  terus kita perbaiki, koordinasi dengan  Pemerintah Pusat, Pemprov Jabar, Pemkot/Pemkab Bogor, dan Kota Depok dilakukan untuk memperbaiki lingkungan, utamanya kualitas air di Sungai  Ciliwung," kata Afan.

Menurut Afan saat ini, kualitas sungai Ciliwung menurun, tidak hanya karena sampah, tetapi sedimentasi lumpur.

Pada kesempat itu hadir  Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Asep Kuswanto, Kabid Dinas SDA DKI Yayat S dan Predir PT PPLI Yoshiaki Chida,  pengamat  Lingkungan dari Universitas Indonesia (UI) Prof Tarsum Warsono.

Dalam kesempatan itu, PT PPLI menyerahkan enam  tong sampah modern kepada perwakilan warga di sekitar DAS Ciliwung. ***




Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Terkini

Digelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur DKI

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 06:53 WIB

Diluncurkan Rumah Sehat Untuk Masyarakat Jakarta

Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:14 WIB
X