• Minggu, 14 Agustus 2022

Petugas Lapas Banyuwangi Gagalkan Penyelundupan Handphone Dalam Kue Tart

- Selasa, 14 Juni 2022 | 18:58 WIB
Petugas saat menunjukkan barang bukti handphone dan kue tart (Istimewa)
Petugas saat menunjukkan barang bukti handphone dan kue tart (Istimewa)


SUARAKARYA.ID: Upaya penyelundupan handphone yang disembunyikan dalam kue tart berhasil digagalkan petugas Lapas Banyuwangi Kanwil Kemenkumham Jatim.

Handphone yang dibawa 2 pelaku yang menyaru sebagai pengunjung itu rencananya akan dikirimkan untuk napi kasus narkoba yang sedang menjalani hukuman pidana 5 tahun 4 bulan.

Menurut Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto, upaya penyelundupan tersebut dilakukan melalui layanan penitipan barang dan makanan. Berkat ketelitian petugas, handphone yang terbungkus rapi dalam kue tart itu akhirnya gagal dibawa masuk ke dalam Lapas.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Kunjungi Pasien Penerima Kaki Palsu Asal Jombang Di RS Waru Sidoarjo

Kronologis kejadian bermula saat 2 pengunjung berinisial DM dan AA, pada Senin (13/6/6/2022) pukul 10.30 WIB mendaftar untuk menitipkan barang kepada kerabatnya yang menjalani pembinaan di Lapas Banyuwangi.

Petugas sejak awal sudah mencurigai gelagat DM dan AA. “Berdasarkan informasi dari petugas di bagian pemeriksaan, kedua orang tersebut memang menunjukkan gerak gerik yang mencurigakan," ujarnya.

Barang yang diserahkan berupa kue tart itu terlihat utuh. Tapi sesuai SOP yang berlaku, petugas kemudian membelah kue tart tersebut.

Baca Juga: SIG Bersama 31 BUMN Gelar Pelatihan Bisnis Terapan Untuk Bangun Kemandirian Pesantren

Ketika kue tart itu dibelah dan diangkat, ternyata di dalamnya ditemukan sebuah handphone yang terbungkus plastik rapi di bagian bawahnya. Oleh kedua, pelaku, barang itu akan diberikan untuk AR yang merupakan warga binaan asal Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Kepada petugas, kedua pelaku awalnya mengaku tidak mengetahui soal handphone tersbeut. Mereka hanya disuruh dan tidak mengetahui isi dari barang yang dikirim.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X