• Senin, 15 Agustus 2022

Indonesia Dan Swiss Percepat Perjanjian Pertukaran Profesional Muda 

- Minggu, 12 Juni 2022 | 05:46 WIB
Menaker Ida Fauziyah (kanan) perjanjian bilateral.
Menaker Ida Fauziyah (kanan) perjanjian bilateral.
 
SUARAKARYA.ID: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus bekerja sama dengan Kedutaan Besar Negara Republik Indonesia (KBRI) di Bern Swiss. Untuk mempercepat proses implementasi perjanjian pertukaran profesional muda antara Pemerintah Indonesia dan Swiss. 
 
Sekaligus potensi kerja sama lainnya yang dapat dilakukan. Khususnya, di bidang penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja. 
 
"Saya percaya, dengan adanya dukungan dari KBRI di Swiss, kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Swiss, khususnya di bidang ketenagakerjaan dapat lebih meningkat dan berkembang," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, saat melakukan pertemuan dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Swiss Muliaman Darmansyah Hadad, Jum'at (10/6/2022) waktu setempat. 
 
 
Menaker mengatakan, perjanjian pertukaran profesional muda merupakan kesepakatan bilateral antara Indonesia dan Swiss, terkait pemberian kesempatan bagi professional muda. Untuk bekerja yang bertujuan meningkatkan keahlian profesional dan bahasa. 
 
"Ini adalah hasil kesepakatan khusus kedua pihak yang diberikan Swiss. Untuk memenuhi permintaan Indonesia terkait dengan perdagangan jasa moda 4 pada perundingan Indonesia-EFTA," tuturnya. 
 
Ditambahkan Menaker, perjanjian pertukaran profesional muda antara Indonesia dan Swiss mulai berlaku pada 5 Maret 2022. Untuk memperlancar implementasinya, sebagai tahap awal masing-masing negara telah mempersiapkan panduan yang berkaitan dengan tata cara bekerja. 
 
 
"Tata cara bekerja di Indonesia disusun  Pemerintah Swiss, dan tata cara bekerja di Swiss disusun  Pemerintah Indonesia," ucapnya.***
 
 
 

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

X