Jokowi Ingatkan Pengusaha Hipmi Soal Pangan, Momok Inflasi, Tantangan Dan Peluang Ke Depan

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 08:11 WIB
Presiden Jokowi. (Tangkapan layar YouTube.)
Presiden Jokowi. (Tangkapan layar YouTube.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para pengusaha untuk berhati-hati dengan masalah pangan. Menurut Presiden, urusan pangan ke depan ini bisa menjadi tantangan berat namun sekaligus juga peluang bagi para pengusaha yang menggeluti bidang ini

Peringatan itu disampaikan Presiden saat memberikan sambutan pada Perayaan 50 Tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tahun 2022 yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Perayaan 50 Tahun Hipmi diselenggatakan, 10-12 Juni 2022 mengangkat tema “Bersama Wujudkan Indonesia Emas 2045”. Dalam rangkaian HUT Ke-50 Hipmi juga digelar acara Apkasi Expo, Museum Hipmi, Business Matching, hingga Indonesia Young Leader Forum.

Baca Juga: Indonesia Masters: Kasus Dugaan Keracunan Atlet, Ini Penjelasan Panitia

"Pangan, energi, ini adalah peluang. Karena diperkirakan hari ini ada kira-kira 13 juta orang yang sudah mulai kelaparan di beberapa negara, karena urusan pangan. Jadi, hati-hati mengenai ini," ungkap Presiden dalam tayangan video di YouTube Sekretariat Presiden.

Peluang tersebut muncul bersamaan dengan masalah yang dialami oleh sejumlah negara yang sedang mengalami kelangkaan pangan akibat ketidakpastian ekonomi global karena pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina.

Kepala Negara mengatakan negara-negara lain sudah mulai membatasi, tidak ekspor pangan. Oleh sebab itu, Indonesia kalau kita tidak bisa mandiri urusan pangan, bisa menyebabkan bahaya bagi negara. "Dari tiga negara yang sudah setop ekspor pangan, sekarang sudah menjadi 22 negara. Sehingga, sekali lagi, kemandirian pangan ini sangat penting," ujar Presiden.

Baca Juga: Sektor Usaha Di Jatim Belum Siap Hadapi Euforia Pasca 2 Tahun Pandemi

Presiden pun mengajak kepada seluruh anggota Hipmi untuk masuk ke bidang ini, seperti menanam jagung, sorgum, porang, sagu, singkong dan lainnya. Produk-produk ini ke depan akan menguntungkan dan sangat dibutuhkan masyarakat dunia.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temui Habib Novel, Gibran Minta Doa Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:57 WIB

Gandeng PT KAI, Gibran Promosikan Solo Safari

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:33 WIB

Komisi D Dukung Percepatan Musor KONI Kota Bandung

Rabu, 1 Februari 2023 | 05:13 WIB
X