• Minggu, 4 Desember 2022

Beri Kuliah Umum Di UM Metro Lampung, Anies Baswedan Bocorkan Tiga Capaian Bagi Mahasiswa

- Jumat, 10 Juni 2022 | 23:40 WIB
Gub DKI Anies Baswedan (Ist)
Gub DKI Anies Baswedan (Ist)

SUARAKARYA.ID: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Jum'at (10/6/2022) menyambangi Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, Lampung. Anies Baswedan langsung mengisi Kuliah Umum.

Kehadiranya disana, Anies Baswedan bocorkan tiga capaian bagi mahasiswa guna menghadapi persaingan dalam dunia kerja. Menurutnya untuk memiliki daya saing unggul, mahasiswa di Indonesia harus memiliki bekal knowledge (pengetahuan), jaringan luar negeri.

Selain itu, kata Anies harus bisa menguasai bahasa Internasional supaya mampu bersaing dengan para mahasiswa yang menuntut ilmu pada Purguruan Tinggi Mancanegara. Menurutnya, pada masa yang akan datang persaingan dalam dunia kerja sangatlah sengit. Mengingat pemuda Indonesia saat ini juga dalam proses pendidikan di luar negeri dengan keilmuan yang lebih mumpuni.

Baca Juga: Anies Baswedan Jajaki Kerja Sama Bangun MRT Fase 3 Dengan Perusahaan Perkeretaapian Inggris

Baca Juga: Prof Bambang Beberkan Bukti Vanessa Angel Bucin Dengannya

“Indonesia kedepan tantangannya besar, karena anda akan bertemu dengan generasi baru yang pulang ke Kampung halaman,” ujar Anies Baswedan.

Anies menambahkan, bahwa saat ini pendidikan di bangku perkuliahan sudah banyak yang mencari ilmu di luar negeri. Ketika kembali ke tanah air, dipastikan, mereka juga memiliki hak yang sama untuk memajukan tanah kelahirannya di Indonesia. "Yang sekolahnya di luar akan pulang, mereka akan kembali dengan apa (bekal yang mereka miliki), knowledge alias bidang pengetahuannya terbaru, jejaring Internasional, bahasa Internasional. Mereka akan pulang dengan itu,” paparnya.

Anies menuturkan, hal itulah yang seharusnya sejak dini diantisipasi oleh dosen untuk dapat mempersiapkan materi dengan berdasarkan kebutuhan masa depan mahasiswanya. Sementara itu, Mahasiswa di seluruh Indonesia dapat lebih memanfaatkan media digital dan jejaring sebagai penunjang pembelajaran yang mereka dapatkan di ruang kelas. "Tantangan buat dosen, tantangan buat mahasiswa. Membuat materinya setaraf dengan mereka-mereka. Pengetahuan sudah ada semua di sini (handphone),” urainya.

Dalam pidatonya, Anies juga mendukung program berorganisasi pada kampus. Menurutnya pengalaman, pengetahuan dan juga jejaring bisa diperoleh ketika aktif baik di dalam maupun di luar kampus. "Ketika unggul itu diwujudkan dengan ukuran yang kongkrit, yang bisa dilaksanakan dan bisa dicapai. Pesannya untuk adek-adek selama kuliah dipakai dua-duanya, di dalam kelas dan di luar kelas. Insya Allah itu akan menjadi bekal buat kita semua,” tambah Anies.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank bjb Raih Banking Award Dari LPS 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:30 WIB

Lombok Barat Berhasil Tuntaskan Stop Buang Air Besar

Rabu, 30 November 2022 | 19:38 WIB
X