• Minggu, 25 September 2022

Erick Thohir Tegaskan RI Jangan Jadi Fakir Industri Kesehatan, Harus Jadi Contoh Dunia

- Jumat, 10 Juni 2022 | 20:56 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir.
Menteri BUMN, Erick Thohir.

 

SUARAKARYA.ID: Menteri BUMN Erick Thohir berpesan agar Indonesia tidak menjadi fakir dalam sektor industri kesehatan. Dia menegaskan Indonesia harus menjadi contoh dunia dalam ilmu kesehatan maupun teknologi kesehatan.

Terkait dengan hal itu, Erick pun menilai transformasi harus terus dilakukan.

"Kita tidak bisa diposisikan seperti ke depannya dimana kita menjadi fakir untuk penemuan sains ataupun industri kesehatan secara menyeluruh. Makanya. bagaimana transformasi dilakukan di Kementerian Kesehatan dan kami juga mendukung transformasi," ujar Erick.

Lebih lanjut, Erick menilai pandemi covid-19 menyadarkan Indonesia tentang pentingnya sistem kesehatan yang baik untuk kemandirian bangsa. Sehingga, tak perlu lagi bergantung dari impor.

"Di Kementerian BUMN dilakukan transformasi mendorong agar kita tidak terus bergantung dengan negara lain, dalam konteks bahan baku obat dan kesehatan masyarakat secara menyeluruh," jelasnya.

Di sisi lain, Erick bahkan ingin Indonesia memiliki fasilitas kesehatan yang mumpuni, sehingga masyarakat tidak perlu berobat sampai ke luar negeri. Juga, ia berharap Indonesia bisa menjadi hub pembuatan vaksin global.

"Kita ingin membuat masyarakat percaya pada sistem kesehatan yang dibangun di dalam negeri maupun terobosan-terobosan yang kita punya seperti vaksin sendiri," terang dia.

Lebih dari itu, Erick berharap vaksin BUMN yang saat ini akan dilakukan uji klinik tahap tiga bisa segera diselesaikan agar memperoleh izin EUA dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Saat izin keluar, maka proses produksi bisa segera dilakukan.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penerima BSU, Menaker Tinjau Langsung di Tiga Wilayah

Jumat, 23 September 2022 | 19:51 WIB

DKI Gelar Program Pangan Murah Hingga Desember

Jumat, 23 September 2022 | 07:26 WIB
X