• Rabu, 17 Agustus 2022

Athletics Open Danjen Kopassus Road Run 10 K,   Pecahkan Rekor MURI

- Rabu, 8 Juni 2022 | 05:39 WIB
 Prof Dr Jaya Suprana (kanan) serahkan rekor MURI kepada Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan (kiri).
Prof Dr Jaya Suprana (kanan) serahkan rekor MURI kepada Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan (kiri).
 
SUARAKARYA.ID: Penyelenggaraan kejuaraan Lomba Lari 10 Km bertajuk "Athletics Open Danjen Kopassus Road Run 10 K", berhasil meraih rekor MURI. Pasalnya, diikuti sebanyak 2.779 peserta. 
 
Lomba lari 10 Km itu digelar, masih dalam rangka memperingati HUT ke -70 Kopassus. Yang rangkaian kegiatannya diselenggarakan di kawasan Stadion  Madya Senayan Jakarta, dimulai sejak 2 hingga 5 Juni 2022. Lomba itu menjadi even penyelenggaraan kejuaraan terbuka terbesar, yang pernah ada di Indonesia. 
 
Kejuaraan Lomba lari 10 K terbuka terbesar di Indonesia, yang bertajuk "Tunjukan Yang Terbaik, Jadilah Sang Juara" ini merupakan, kerja sama antara Kopassus dan Pengurus Besar Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). Diikuti atlet dari berbagai unsur, yaitu TNI-Polri, pelajar, serta masyarakat umum, yang bersaing memperebutkan 32 nomor perlombaan putra dan putri. 
 
 
Para peserta begitu antusias dan semangat, mengingat dua tahun terakhir kejuaraan macam ini tidak pernah  digelar di Tanah Air, karena pandemi Covid-19. Sehingga, lomba  mendapat respons positif dari masyarakat. 
 
Alhasil, kegiatan ini berhasil  memecahkan rekor MURI, sebagai penyelenggaraan kejuaraan atletik terbesar. Yang pernah ada dalam sejarah kejuaraan terbuka di Tanah Air. 
 
Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) diserahkan langsung sang pendiri MURI Prof Dr Jaya Suprana kepada Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan.
 
Sementara, Ketua PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan yang memimpin langsung upacara penutupan "Athletics Open Danjen Kopassus Cup 2022”, menyampaikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan kejuaraan terbuka terbesar di Tanah Air ini. 
 
 
Dia berharap akan muncul bibit-bibit atlet dan membantu perkembangan olahraga atletik di Indonesia. "Saya pikir, kegiatan ini akan membantu pengembangan atletik kita. Saya sudah bicara dengan Pak Kasad, mohon izin agar prajurit-prajurit Angkatan Darat dapat juga menjadi atlet nasional," ujarnya, kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman SE MM, yang juga hadir pada upacara penutupan.
 
Untuk para pemenang, Road Run 10 K pada kejuaraan Athletics Open Danjen Kopassus Cup ini, 
 
Kategori TNI/Polri Putra  juara pertama  Pratu Riki Luther Simbolon dari  Divif 1 Kostrad, Juara kedua Pratu Laode Safrudin dari  Divif 3 Kostrad, serta juara ke-tiga Praka Wilder Carolis dari Grup 1 Kopassus.
 
Untuk Kategori Putri TNI/Polri, juara pertama Sertu (K) Bektiningsih Prima Dianfitri dari Persatuan Atletik Angkatan Darat (PAAD). Juara kedua Sertu Yanita Fari dari PAAD, serta posisi ketiga, Sertu Endah Eka dari Ditkumad.
 
 
Sedang untuk Kategori Umum Putra, juara pertama  Samsudin Massa dari PRF,  juara kedua  Rahmad  Setiabudi dari Malang, serta juara ketiga  Rudi Febriade dari PAAD.
 
Juara Umum Pertama pada  Kejuaraan Open Athletics Danjen Kopassus Cup, diraih  PAAD dengan perolehan 7 Emas, dan 3 Perak, disusul posisi juara kedua Kontingen PASI Sleman dengan raihan  4 Emas, 2 Perak dan 2 Perunggu, juara ketiga dicapai oleh PPOP DKI Jakarta dengan raihan 2 Emas, 2 Perak, dan 3 Perunggu.***

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

X