• Rabu, 28 September 2022

Praktisi Hukum Pertanyakan Lahan TPU Jati Andan Apa Milik Kades Pipit? Hingga Terbit Sertifikat Wakaf

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 23:39 WIB
Praktisi hukum Jonatan. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id)
Praktisi hukum Jonatan. (FOTO: Dharma/Suarakarya.id)

SUARAKARYA.ID: Praktisi Hukum Jonatan mempertanyakan dasar pembuatan sertifikat tanah wakaf tempat pemakaman umum (TPU) Jati Andan yang dimohonkan oleh Kades Lambangsari, Tambun Selatan, Pipit Haryanti sebagai wakif dengan dua Nazir sementara yang merupakan staf desa.

Menurut dia, berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Perwakafan dijelaskan bahwa pemberi wakaf itu harus jelas kepemilikannya apakah berbentuk sertifikat atau bentuk lainnya.

Ia pun mempertegas, dalam pasal 15 UU Nomor 41 Tahun 2004 mengatakan bahwa harta benda wakaf hanya dapat diwakafkan apabila dimiliki dan dikuasai oleh wakif secara sah.

Baca Juga: Ahli Waris Makam TPU Jati Andan Minta Dibatalkan Sertifikat Wakaf

"Pertanyaannya adalah apakah lahan makam Jati Andan milik dia (Pipit Haryanti-Red) hingga di sertifikat wakaf," tanya dia kepada Suarakarya.id, Sabtu (4/6/2022).

Seperti diketahui Jonatan, lahan makam Jati Andan di Kampung Buaran merupakan tanah negara bebas. Ia pun memaparkan pertama, pengalihan dari tanah negara bebas untuk kepentingan umum seperti makam sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2021. Kedua, dalam Undang-Undang Desa di pasal 26 ayat 4 (huruf) J dijelaskan bahwa kewenangan Kepala Desa yakni tidak dibenarkan untuk KKN.

Selanjutnya, kepala desa berkewajiban memberikan informasi kepada masyarakat dan melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif dan efesien, bersih serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Baca Juga: Kades Lambangsari Klarifikasi Sertifikat Wakaf TPU Jati Andan Atas Nama Dirinya

"Nah, Pipit sudah salah, dibenturkan juga kepada stafnya sebagai Nazir. Itu kan berarti ada kolusi dan nepotisme," kata Jonatan.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DKI Gelar Program Pangan Murah Hingga Desember

Jumat, 23 September 2022 | 07:26 WIB
X