• Sabtu, 13 Agustus 2022

Sembilan Orang Detik-detik Terakhir Hari ini Menunggu Nasibnya Di KPK

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 00:40 WIB

 

SUARAKARYA.ID: Jam, menit dan detik-detik terakhir hari ini bakal ditentukan nasib sembilan orang yang diamankan aparat KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Kamis (2/6/2022),  termasuk bekas Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti (HS) di Yogyakarta dan Jakarta.

"Status hukum sembilan orang di diamankan di Yogyakarta dan juga di Jakarta belum diputuskan. Namun tidak sampai lewat hari ini, status tersangka atau hanya sebagai saksi pasti akan disematkan terhadap kesembilan orang sesuai ketentuan perundang-undangan," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Saat ini, sembilan orang tersebut masih menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Ali Fikri mengaku merasa enggan merinci nama-nama mereka yang kini menjalani pemeriksaan intensif tersebut.

Informasi yang berkembang di KPK, kesembilan orang yang terciduk dalam OTT KPK, diduga terkait suap pengurusan izin apartemen. Itu berarti melibatkan unsur swasta dan beberapa pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, termasuk Wali Kota periode 2017-2022.

HS yang politisi Partai Golkar diduga ditangkap karena terlibat dalam praktik suap pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) apartemen di daerah Yogyakarta. Dia diduga menerima suap terkait pengurusan izin tersebut. "OTT disebutkan terkait suap pengurusan IMB apartemen di Yogyakarta, tetapi nama-nama yang diduga terlibat kami belum tahu secara jelas," ujar Ali Fikri.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebutkan selain  mengamankan kesembilan orang juga menyita sejumlah barang bukti berupa uang tunai dan dokumen penting yang diharapkan bisa membuka tabir kasus itu sampai terang benderang. Siapa saja yang terlibat diantara kesembilan orang yang ditangkap, dan siapa lagi yang juga diduga terlibat diluar yang terciduk OTT antirasuah tersebut.

Mengutip laman resmi Pemkot Yogyakarta disebutkan bahwa Haryadi Suyuti lahir di Yogyakarta, 9 Februari 1964. Putra dari Zarkowi Soejoeti, tokoh Muhammadiyah yang pernah memegang beberapa jabatan penting, seperti Sekretaris Jenderal Departemen Agama RI, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, dan Rektor IAIN Walisongo Semarang. Sementara ibunya, Hj. Yayah Maskiyah pernah mengemban menjadi DPRD Propinsi Jawa Tengah.

Haryadi Suyuti  memulai pendidikan formal di SDN II IKIP Yogyakarta, SMPN 5 Semarang, SMAN 1 Yogyakarta, dan mendapat gelar S1 di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1989. Sejak mahasiswa dia aktif berorganisasi dan pernah menjadi Ketua Keluarga Mahasiswa Administrasi Negara Fisipol UGM (1985-1987).

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Terkini

X