• Selasa, 28 Juni 2022

Pengembangan Kompetensi ASN, Wajib Dilakukan Baik Individi Maupun Instansional

- Rabu, 25 Mei 2022 | 20:58 WIB
Rapat Kordinasi (Rakor) Kerja Sama Penyelenggaraan Pelatihan Kompetensi SDM bidang Ketenagakerjaan.
Rapat Kordinasi (Rakor) Kerja Sama Penyelenggaraan Pelatihan Kompetensi SDM bidang Ketenagakerjaan.

SUARAKARYA.ID: Pengembangan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) hukumnya “Wajib ‘Ain”.  Artinya, wajib dan harus dikerjakan baik secara individual maupun instansional.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi, dalam sambutannya secara virtual, saat membuka Rapat Kordinasi (Rakor) Kerja Sama Penyelenggaraan Pelatihan Kompetensi SDM bidang Ketenagakerjaan, dari Jakarta, Selasa (24/5/2022). 

Rakor itu sendiri berlangsung di Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sekjen Anwar melanjutkan, perlu diingat  pengembangan kompetensi SDM menjadi fokus prioritas pertama. Dalam pembangunan pada periode pemerintahan kedua 2019 hingga 2024.

"Memang, kita sadari bersama,  kemampuan tiap instansi berbeda-beda dalam melaksanakan amanat Undang-Undang ASN," ujarnya. 

Baca Juga: Blusukan Ke Pasar Asemka, Petugas Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Mangga Dua Lindungi Pedagang 

Terlebih lagi, imbuhnya, di tengah kondisi yang masih berfokus pada recovery pasca serangan pandemi. Adakalanya anggaran untuk pengembangan kompetensi aparatur harus menjadi korban. 

Untuk itu, perlu dilakukan upaya-upaya agar  tetap dapat melaksanakan amanat Undang-Undang. Dengan tidak mengurangi target, baik secara kuantitas maupun secara kualitas.

"Saya menyambut baik dengan adanya rapat koordinasi yang mengundang para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan, pada tiap pemerintah daerah serta instansi pembina pengembangan kompetensi ASN di daerah," ungkapnya. 

Baca Juga: Program ADPIN Gerakkan Keluarga Indonesia Bangun Keluarga Kecil  Bahagia 

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Terkini

287 PMI Ke Jepang Melalui Program G to G 

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:20 WIB
X