• Selasa, 28 Juni 2022

Saran Psikolog UNS, Dibutuhkan Mindfulness Saat Hadapi UTBK SBMPTN

- Senin, 16 Mei 2022 | 23:17 WIB
Kampus UNS Solo (Endang Kusumastuti)
Kampus UNS Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Besok pagi, Selasa (17/5/2022) mulai digelar Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Simak yuk! Saran dari Psikolog Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk menghadapi UTBK SBMPTN.

Psikolog dan juga dosen Fakultas Psikologi UNS, Laelatus Syifa Sari A., M.Psi membeberkan teknik untuk menenangkan diri saat menghadapi UTBK. Teknik itu adalah  mindfulness.

Teknik mindfulness yakni teknik menenangkan diri dengan menyadari sepenuhnya emosi yang dirasakan. Para peserta UTBK diminta untuk menarik napas dalam-dalam dan menyadari jika dirinya sedang grogi.

“Mindfulness itu dengan menyadari diri kita. Kita cukup menyadari apa yang kita rasakan, nggak perlu kita harus begini begitu, tapi cukup kaya oke saya deg-degan, napas saya terengah-engah, lalu kita duduk dengan nyaman, kemudian atur napas,” jelas Laelatus, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: Ridwan Kamil Dukung Airlangga Capres 2024, Golkar Dukung Penuh Kinerja Gubernur Jabar

Setelah menyadari apa yang sedang dirasakan, langkah yang harus dilakukan yakni mengatur napas. 

Pertama, ambil napas secara mendalam dari hidung selama tiga detik. Setelah itu, embuskan napas selama tiga detik pula. Pengaturan napas tersebut dapat membuat detak jantung kembali normal. 

"Saat melakukan teknik pernapasan tersebut harus tetap fokus. Harus sadar dan tidak boleh melamun. Jadi semuanya modelnya itu saya menerima apa pun emosi yang muncul dari tubuh saya. Menerima itu akan membuat perubahan,” jelasnya lagi.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawasan Timur Indonesia Masuk Kawasan Hijau PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 22:50 WIB

Yang Lolos SBMPTN UNS, Ini Tahapan Selanjutnya

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:19 WIB
X