• Senin, 27 Juni 2022

Masyarakat Diminta Antisipasi Gelombang Panas, BMKG Ingatkan Potensi Hujan Disertai Angin Kencang

- Senin, 9 Mei 2022 | 12:46 WIB
Wilayah Jabodetabek dan provinsi di Indonesia secara umum dilanda gelombang panas yang menyebabkan cuaca  pada siang hari mencapai  35-40 derajat celcius. (BMKG)
Wilayah Jabodetabek dan provinsi di Indonesia secara umum dilanda gelombang panas yang menyebabkan cuaca pada siang hari mencapai 35-40 derajat celcius. (BMKG)



SUARAKARYA.ID: Masyarakat di Jabodetabek dan wilayah lain di Indonesia, diingatkan agar mengantisipasi gelombang  panas pada sepekan ke depan

Gelombang panas itu terjadi di wilayah Asia Tenggara dan belahan dunia lain. Di Indonesia dan Malaysia serta negara lainnya pada sepekan ke depan, juga  beberapa waktu  mendatang.

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati. Fenomena gelombang panas ini, diingatkan agar  tidak minum air es. Karena cuaca panas  mencapai 40 derajat celcius berbahaya jika meminum  es  pada suhu badan tinggi tersebut. Sejumlah praktisi kesehatan menyarankan agar saat haus,  meminum air hangat lebih baik untuk kesehatan.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di DKI Jakarta akan diguyur hujan hari ini.

Warga diminta tetap waspada dengan perubahan cuaca yang terjadi. Waspada hujan disertai kilat/petir dan angin kencang

“Waspada hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hari,” tulis peringatan dini BMKG di laman resminya, Senin (9/5/2022).

Untuk prakiraan cuaca siang hari nanti, hujan ringan di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, berawan di Jakarta Pusat, serta cerah berawan di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Hujan berpotensi turun di Jaksel dan Jaktim siang Ini. Pada malam hari seluruh wilayah DKI Jakarta berawan. Sedangkan pada dini hari seluruh wilayah DKI diprediksi cerah berawan.

Adapun untuk rata-rata suhu udara hari ini di Jakarta antara 24-33 derajat celcius dengan kelembapan udara mencapai 70-100 persen.

Wilayah Bodetabek juga diprediksi diguyur hujan di sejumlah lokasi. Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. ***

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: humas BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pj Bupati Bekasi Apresiasi Bantuan Rutilahu BUMD

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:18 WIB
X