• Selasa, 9 Agustus 2022

Diresmikan UPZ Baznas Agar Zakat Dilingkungan Bank BTN Bisa Optimal

- Jumat, 29 April 2022 | 03:26 WIB
Penyerahan SK dari Wakil Ketua Baznas RI untuk manajemen UPZ Bank BTN,Rabu (27/4/2022).
Penyerahan SK dari Wakil Ketua Baznas RI untuk manajemen UPZ Bank BTN,Rabu (27/4/2022).

 



SUARAKARYA.ID: Ramadan 1443 hijriah  ini menjadi momentum yang  istimewa keluarga besar Bank Tabungan Negara (BTN).

Bersama Badan Amil Zakat Nasional  Republik Indonesia (Baznas RI) meresmikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas PT BTN sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan potensi zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di lingkungan bank pelat merah ini.

Peresmian UPZ Bank BTN ini melengkapi daftar bank Himpunan bank negara  (Himbara) yang telah membentuk UPZ Baznas. Sebelumnya Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BRI melakukan langkah serupa.

 Sehingga kini seluruh bank Himbara telah membentuk UPZ Baznas. Penyerahan secara resmi Surat Keputusan UPZ Bank BTN dilakukan di Menara BTN, Jakarta, Rabu (27/4/2022), dan dihadiri oleh Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum, Deputi I Baznas RI M Arifin Purwakananta, seluruh Dewan Komisaris Bank BTN, seluruh Dewan Pengawas Syariah, Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo yang juga sekaligus Pembina UPZ BTN, Wakil Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Nipitupulu, Pembina UPZ Bank BTN Eko Waluyo, jajaran Direksi dan SEVP Bank BTN.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum menyebut terbentuknya UPZ Bank BTN dapat turut mengoptimalkan peran zakat dan menguatkan kesadaran berzakat di lingkungan Bank BTN.

"Terbentuknya UPZ Bank BTN ini InsyaAllah dapat memberi dampak nyata kehadiran serta peran zakat, infak, dan sedekah di lingkungan BUMN. Apa yang dilakukan Bank BTN selaras dengan visi dan misi Baznas, sebagai lembaga utama menyejahterakan umat.

Hal ini akan menjadi contoh positif bagi pihak lainnya, sebagai bentuk kepedulian terhadap umat," kata Mokhamad Mahdum.


Ia juga menyebut, Baznas akan segera melakukan konsolidasi zakat Bank BTN melalui UPZ Bank BTN sesuai tata aturan Perbaznas dan UU Pengelolaan Zakat berdasarkan 3 A, yakni aman syar'i, aman regulasi dan aman NKRI.

Menurutnya, Baznas sangat menyambut baik pembentukan UPZ Bank BTN karena sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang terus mendorong penguatan zakat di lingkungan BUMN, sehingga banyak penerima manfaat yang terbantu.

Terima kasih kepada seluruh Pegawai Bank BTN yang telah menunaikan zakatnya. Baznas memastikan penyaluran zakat akan selalu transparan dan tepat sasaran, seperti yang selama ini dilakukan Baznas.

"Baznas memiliki berbagai program yang digagas untuk membantu umat, alhamdulillah banyak pihak yang mendorong kelancaran program Baznas demi tujuan menyejahterakan umat. Semoga niat baik ini menjadi contoh bagi pihak lain untuk bersama menjalankan program Baznas melalui zakat, infak, dan sedekah," ucapnya.

UPZ merupakan satuan organisasi yang dibentuk Baznas, Baznas Provinsi atau Baznas Kabupaten/Kota untuk mengumpulkan zakat sesuai Undang-undang no.23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. UPZ Baznas kini telah tersebar di berbagai kementerian, lembaga negara, BUMN, perusahaan swasta, dan lainnya.

Melalui hadirnya UPZ, diharapkan dapat memaksimalkan penghimpunan dana ZIS untuk mencapai kesejahteraan umat. ***

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jaya Suprana Terpana Rekor Silatnas PPAD

Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:58 WIB

Irjen Pol Syahardiatono Jadi Kadiv Propam Polri

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:08 WIB
X