• Minggu, 3 Juli 2022

Jokowi: Begitu Kebutuhan Minyak Goreng Dalam Negeri Terpenuhi, Saya Cabut Larangan Ekspor

- Kamis, 28 April 2022 | 09:34 WIB
Presiden Jokowi  (Tangkapan layar YouTube.)
Presiden Jokowi (Tangkapan layar YouTube.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kesadaran industri minyak sawit nasional untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu sebelum mengekspor produknya.

"Prioritaskan dulu dalam negeri, penuhi dulu kebutuhan rakyat," pinta Presiden dalam keterangan pers mengenai Larangan Ekspor Minyak Goreng di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/4/2022), disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Presiden, semestinya kalau melihat kapasitas produksi, kebutuhan dalam negeri bisa dengan mudah tercukupi. Volume produk ekspor bahan baku minyak goreng Indonesia jauh lebih besar daripada kebutuhan dalam negeri, dengan sisa kapasitas yang sangat besar.

Baca Juga: Ekspor Semua Produk CPO Dan Turunannya Dilarang, Pemerintah Siap Tindak Tegas Pelanggar

Presiden menjelaskan, jika semua pihak mau dan punya niat untuk memenuhi kebutuhan rakyat sebagai prioritas, dengan mudah kebutuhan dalam negeri akan dapat dicukupi.

Dengan patokan itu pula, kata Presiden, pemerintah mengevaluasi kebijakan untuk tetap melarang sementara ekspor minyak goreng dan bahan bakunya.

"Begitu kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi, tentu saya akan mencabut larangan ekspor. Karena saya tahu negara perlu pajak, negara perlu devisa, negara perlu surplus neraca perdagangan. Tapi memenuhi kebutuhan pokok rakyat adalah prioritas yang lebih penting," ujar Presiden.

Baca Juga: Kepala Staf Presiden Moeldoko Tinjau Pelayanan Dan Arus Mudik Sumatera

Lebih jauh Kepala Negara menegaskan, bagi pemerintah, kebutuhan pokok masyarakat adalah yang utama. Ini prioritas paling tinggi dalam pertimbangan pemerintah setiap membuat keputusan.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Plt Tri Adhianto Resmikan UMKM Madani Di Bekasi

Minggu, 3 Juli 2022 | 00:12 WIB
X