• Kamis, 30 Juni 2022

Wow! 5.000 Bingkisan Lebaran Dibagikan Keraton Surakarta Untuk Abdi Dalem Dan Masyarakat

- Rabu, 27 April 2022 | 22:07 WIB
Raja Keraton Surakarta memberikan paket Lebaran kepada kekuarga dan abdi dalem (Endang Kusumastuti)
Raja Keraton Surakarta memberikan paket Lebaran kepada kekuarga dan abdi dalem (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.IDKeraton Surakarta Hadiningrat membagikan kekucah atau gaji dan bingkisan sembako kepada keluarga, abdi dalem keraton, dan masyarakat sekitar keraton, Rabu (27/4/2022).

Sebanyak 5.000 paket yang berisi 10 kilogram, mie instan, sirup, gula serta roti itu dibagikan secara bertahap. Hari ini,  pembagian bingkisan bersamaan dengan pemberian gaji kepada abdi dalem di  Sasana Putra, Kompleks Keraton Surakarta

Raja Keraton Surakarta, Sri Susuhunan Pakubuwono XIII (PB XIII) juga nampak memberikan secara simbolis bingkisan Lebaran dan uang  kepada keluarga dan abdi dalem keraton.

"Kegiatan ini biasa diberikan oleh Sinuhun pada hari-hari tertentu. Seperti kaitannya dengan acara tingalan jumenengan atau seperti yang besok malam paring dalem (memberikan) zakat fitrah ke Masjid Agung. Ini dilakukan pada besok Kamis malan seusai Shalat Tarawih," jelas Pengageng Parentah Keraton Solo Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipokusumo.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sambangi Rest Area, Beri Perhatikan Ke Pedagang

Untuk hari ini Keraton Surakart membagikan 1.000 paket. Menurut Dipo pemberian sembako tersebut menjadi wujud kepedulian Keraton Surakarta kepada yang membutuhkan.

"Pemberiannya dilakukan secara bertahap. Mereka yang menerima adalah dari kerabat dalem, sentono dalem, parentah keraton, parentah keputren, serta masyarakat Baluwarti,"  jelasnya lagi.

Abdi dalem yang mendapatkan bingkisan tersebut tidak semua berasal dari Kota Solo tapi juga wilayah lain di Solo Raya. Bahkan dari Imogiri, Kotagede, hingga Grobogan.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Berikan Dompet Sampah Gerobak Motor Listrik

Selasa, 28 Juni 2022 | 18:57 WIB

Kawasan Timur Indonesia Masuk Kawasan Hijau PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 22:50 WIB
X