• Selasa, 9 Agustus 2022

Kirab Lampu Ting Dan Nasi Tumpeng Warnai Malam Selikuran Di Keraton Surakarta

- Sabtu, 23 April 2022 | 09:09 WIB
Abdi dalem Keraton Surakarta mengikuti kirab malam selikuran dari Keraton Surakarta menuju Masjid Agung (Endang Kusumastuti)
Abdi dalem Keraton Surakarta mengikuti kirab malam selikuran dari Keraton Surakarta menuju Masjid Agung (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID:  Dengan membawa lampu ting dan lampion berlafaz Allah, ratusan abdi dalem Keraton Surakarta mengikuti kirab malam selikuran atau malam 21 di bulan Ramadan, Jumat (22/4/2022)

Selepas Shalat Tarawih, mereke keluar dari pintu utama Keraton Surakarta dan berjalan menuju Masjid Agung Solo yang berjarak sekitar 500 meter. Di keheningan malam dan cahaya lampu ting, mereka berjalan sambil melantunkan Shalawat yang diiringi dengan gamelan.

Dalam iring-iringan itu juga dibawa 1.000 nasi tumpeng yang dimasukkan ke dalam jodang. Sesampainya di Masjid Agung, mereka masuk ke dalam serambi dan mengelilingi jodang berisi 1.000 tumpeng.

Baca Juga: Pak Ribut Guru Lumajang, Sudah Sukses Malah Putus Dengan Pacar

Seusai didoakan, nasi tumpeng tersebut dibagikan kepada masyarakat yang ada di sekitar Masjid Agung. 

Menurut Wakil Pengageng Sasono Wilopo Keraton Kasunanan Surakarta, KP Dani Nur Adiningrat, kirab malam selikuran ini digelar sebagai penanda masuknya sepertiga malam di akhir bulan Ramadan.

"Ini merupakan tradisi dinasti Mataram Islam. 1.000 tumpeng yang dibagikan ke masyarakat itu sebagai simbol  wilujengan  atau doa keselamatan untuk semuanya, tidak hanya keraton tapi juga negara Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: BPOM Semarang Bersama Konisi IX DPR Sosialisasikan Obat Tradisional Berbahan Zat Berbahaya

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Ganjar Pranowo Untuk Mahasiswa Baru UGM

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:06 WIB

Resep Kasuami Makanan  Orang Sulawesi Tenggara

Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:57 WIB

Pemkot Bandung Kembali Tertibkan Kabel Udara

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:33 WIB

Cegah 8 Penyakit Pada Anak, Ayo Imunisasi Sekarang

Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:02 WIB
X