• Minggu, 3 Juli 2022

Kartini Milenial, Letda Ida Ayu Damayanti, Teknisi Pesawat F-16 Wanita Pertama

- Rabu, 20 April 2022 | 09:24 WIB
Ida Ayu Damayanti (Dok Mabes TNI AU)
Ida Ayu Damayanti (Dok Mabes TNI AU)

SUARAKARYA.ID: Kartini menjadi pendobrak emansipasi wanita di tanah Jawa. Kini banyak kartini-kartini yang bekerja di lapangan kerja yang kebanyakan diisi kaum pria. Salah satunya Letda Ida Ayu Damayanti yang merupakan teknisi pesawat.

Letda Ida Ayu Damayanti merupakan teknisi pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik angkatan udara. Dia menjadi satu-satunya wanita berprofesi sebagai teknisi pesawat. Dan dia juga wanita pertama di Indonesia yang berprofesi tersebut. Ida Ayu merupakan Alumni Akademi Angkatan Udara tahun 2018.

Ida Ayu sendiri merasa bangga bisa menjadi teknisi pesawat tempur F-16. Menurutnya hanya dia satu-satunya wanita di pekerjaan tersebut. Dan dia tak canggung dengan hal itu.

Baca Juga: Kartini Milenial, Lina Ozora Sopir Bus AKAP Jakarta-Wonogiri

Baca Juga: Kasus Mirip Indra Kenz, Platform DNA Pro, Sederet Artis Bakal Diperiksa Polda

Baca Juga: Harta Warisan Dorce Jadi Rebutan Keluarga Kandung Dan Anak Angkat

“Suatu kebanggaan buat saya karena tidak semua orang bisa sanggup untuk menjadi seorang teknisi, dimana sistem kerja itu 90 persen laki-laki, bisa dibilang di lapangan yang perempuan hanya saya satu-satunya,” kata Letda Ida Ayu dikutip dari Channel YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa.

Bagi seorang teknisi pesawat, keselamatan pilot adalah yang utama. Karena itu dalam bekerja Ida Ayu harus hati-hati, teliti dan detail. "Tak ada yang terlewatkan, harus teliti dan detail," tegas Ida Ayu.

“Sebelum pilot terbang pun kami harus memastikan pesawat itu yakin dan siap untuk terbang, kita tidak main-main dengan keselamatan terbang dan safety utamanya,” kata wanita kelahiran Banjar Tohjiwa, Bali ini.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ezkia Barokah Abadi Antar Umroh Tanpa Ribet

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:29 WIB
X