• Minggu, 2 Oktober 2022

Ingat, Tunaikan Zakat Wajib Bagi Umat Islam

- Minggu, 17 April 2022 | 21:21 WIB
Rektor IAIN Sorong, Dr.Hamzah Khaeriyah (Istimewa)
Rektor IAIN Sorong, Dr.Hamzah Khaeriyah (Istimewa)

SUARAKARYA.ID: Ingat tunaikan zakat wajib bagi umat Islam. Islam mengajarkan umatnya untuk menanggulangi kemiskinan melalui tolong menolong. Misalnya  tolong menolong  yang diwujudkan dalam  zakat.  

Karenanya, Islam mengajarkan bahwa melalui zakat maka dapat mengurangi kesenjangan sosial dari ketidakadilan ekonomi yang tercipta di masyarakat.

Menunaikan zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan setiap muslim.

Konsep zakat dalam Islam menyatakan, terdapat sebagian hak bagi orang lain. Terutama  hak kaum fakir miskin terhadap orang-orang yang memiliki harta berlebih.

Harta yang dimiliki akan lebih berkah jika sebagian dari harta itu dapat disalurkan baik dengan sedekah maupun zakat. Hal ini tentu sedikit banyak akan sangat membantu dalam pengentasan kemiskinan.

Baca Juga: Tercatat 5.934 Warga Kota Sorong Terima BLT Minyak Goreng

Masyarakat Indonesia belakangan ini  mengenal sebuah organisasi  yang menangani masalah zakat, yaitu Badan Amil Zakat, Infak dan Sedekah (BAZIS).  

Baik dari tingkat Nasional yang disebut Badan Amil Zakat, Infak dan Sedekah tingkat Nasional (BAZNAS). Hingga ditingkat daerah berupa Badan Amil Zakat, Infak dan Sedekah tingkat Daerah (BAZDA).

Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan secara nasional. Sistem pengelolaan zakat terdapat dalam UU. No.38 Tahun 1999. Di dalamnya mengatur tentang pelaksanaan pengelolaan zakat mulai dari perencanaan sampai pada tahap pendistribusian dan pendayagunaannya.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

UU PPRT, Landasan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 00:58 WIB
X