• Minggu, 26 Juni 2022

BI Solo Buka Layanan Penukaran Uang Lebih Awal, Sediakan Hingga Rp4,9 T

- Jumat, 1 April 2022 | 17:24 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menukarkan uang kebutuhan Ramadhan di mobil kas keliling BI Solo (Endang Kusumastuti)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menukarkan uang kebutuhan Ramadhan di mobil kas keliling BI Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID:  Bank Indonesia (BI) Solo sudah mulai membuka  layanan penukaran uang untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran 2022. Kick off layanan penukaran uang kebutuhan Ramadhan tersebut dilakukan di Pasar Legi Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022) dengan menggunakan mobil kas keliling Bank Indonesia, serta mobil kas keliling bank umum diantaranya Bank Mandiri, BNI dan Bank Jateng.

BI Solo menyediakan 191 titik loket layanan yang tersebar di kantor Bank Umum, Bank Syariah, BPR/S, Pegadaian, dan Kantor Pos di wilayah Solo Raya. Untuk tahun ini, BI Solo memperkirakan kebutuhan uang Ramadhan dan Idul Fitri naik 14 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp4,3 triliun. Tahun ini BI Solo menyiapkan uang kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri hingga Rp4,9 triliun. 

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang hadir di acara tersebut juga ikut menukarkan uang pecahan Rp5.000 an sebesar Rp500.000.

"Nanti layanan penukaran uang tersebar dengan mobil kas keliling di beberapa tempat. Ini saja baru dibuka sudah langsung ramai. Mungkin nanti penukaran uang akan dilakukan juga di tempat vaksinasi, jadi vaksinasi bisa sekalian juga bisa tukar uang. Nanti Pak Dandim, Pak Kapolres, DKK saat membuka vaksinasi, mobil kas keliling juga bisa dikerahkan," jelas Gibran. 

Baca Juga: Jamuan Gala Dinner Di Pura Mangkunegaran Solo Tutup Event TIIWG G20

Gibran menyebut penukaran uang melalui layanan yang disediakan BI Solo tersebut lebih terjamin untuk kemudahan dan keamanannya. Apalagi saat ini penukaran uang juga sudah bisa dilakukan dengan menggunakan QRIS.

"Tadi saya juga pakai QRIS saya kan sudah lama tidak bawa uang. HImbauan monggo kalau mau tukar uang, tahun ini kan boleh mudik. Sudah dua tahun tidak boleh mudik ya tahun ini tukar duit buat fitrahnya dobel," jelasnya lagi.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, Nugroho Joko Prastowo mengatakan BI Solo menyediakan uang kebutuhan bagi dari segi kualitas uang, jumlah, dan jenis pecahan yang cukup dan sesuai.  Pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat tersebut dilaksanakan melalui layanan kas keliling  Bank Indonesia Solo bersama perbankan di ruang publik.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yang Lolos SBMPTN UNS, Ini Tahapan Selanjutnya

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:19 WIB

Presiden Jokowi Ulang Tahun, Ini Doa Gibran

Selasa, 21 Juni 2022 | 18:32 WIB

DPRD Minta Pemkot Maksimalkan Manfaat CCTV

Senin, 20 Juni 2022 | 17:47 WIB
X