Punya Banyak Karya Batik, Paundra Akan Gelar Pameran Di Loji Gandrung

- Kamis, 31 Maret 2022 | 15:24 WIB
GPH Paundrakarna saat bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo (Endang Kusumastuti)
GPH Paundrakarna saat bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Jiwa Suryonegoro, putra Mangkunegara IX dengan Sukmawati Soekarnoputri, berencana membuat pameran batik di Kota Solo, Jawa Tengah. Pameran tersebut akan dilakukan saat peringatan Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober mendatang di Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Solo.

Hari ini,  Kamis (31/3/2022), Paundra menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo untuk berdiskusi mengenai rencana tersebut. 

"Ini membicarakan agenda ke depan dalam rangka Hari Batik Nasional. Mas Wali menginginkan ada pameran batik-batik kreasi saya yang berkolaborasi dengan batik keris," jelas Paundra seusai pertemuan.

Dalam pameran tersebut, pihaknya juga berencana akan menggandeng putra Presiden Soekarno dengan Fatmawati, Guruh Soekarnoputra, yang juga pamannya.Selain itu juga akan mengajak Puti Soekarno yang juga Anggota Komisi X DPR RI.

Baca Juga: Berbaju Batik Motif Naga Karya GPH Paundra, Gibran Temui Mangkunegara X Bahas Ini

"Selain pameran juga akan ada kesenian, tari dan peragaan busana juga," jelasnya lagi.

Saat ini karya-karya motif batik yang dihasilkannya sudah cukup banyak. Yakni sudah ada empat seri dan semuanya bekerjasama dengan batik keris.

Salah satu koleksi batik Paundra juga sering dikenakan Gibran. Yakni batik berwarna hijau dengan gambar Naga Banda atau Naga Bali berwarna emas.

Sementara itu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan dirinya memang mendorong Paundra untuk menggelar pameran karya-karyanya. 

"Kemarin kan netizen dan teman-teman saya, pada tanya saat saya pakai batik warna hijau. Terus saya bilang ini karya Gusti Paundra, semua pada heboh," ujar Gibran.

Gibran juga memuji Paundra sebagai seniman sejati dan karya-karyanya masuk untuk kalangan anak-anak muda. Sehingga batik bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Lirik Lagu Baby Justin Bieber Feat Ludacris

"Batik karya Gusti Paundra bisa digunakan sehari-hari untuk ke kafe, mal, desainnya masuk," kata Gibran.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X