• Senin, 26 September 2022

Airlangga: Shalat Tarawih Di Masjid Selama Ramadhan Dibolehkan, PPKM Diperpanjang

- Rabu, 30 Maret 2022 | 16:58 WIB
Airlangga Hartarto. (Kemenko Ekonomi.)
Airlangga Hartarto. (Kemenko Ekonomi.)

SUARAKARYA.ID: Bulan Ramadhan segera tiba. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menegaskan, masyarakat dipersilakan untuk menunaikan ibadah shalat Tarawih maupun tadarus di masjid selama Ramadhan.

Sesuai hasil evaluasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemerintah mengizinkan kegiatan ibadah selama bulan Ramadhan di masjid sudah dibolehkan namun dengan protokol kesehatan (prokes).

“Kegiatan ibadah bulan Ramadhan di masjid sudah diperbolehkan, karena itu perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujar Airlangga dalam keterangan resminya, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Tol Jogyakarta-Bawen Mulai Dibangun Demi Tingkatkan Konektivitas Jogya-Solo-Semarang

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini meminta kepala daerah dan Forkopimda untuk melakukan upaya antisipasi penyebaran Covid-19. Antara lain, menegakkan prokes di tempat-tempat ibadah, terutama saat pelaksanaan Shalat Tarawih, tadarus, maupun Shalat Idul Fitri.

Sementara itu pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM selama 14 hari ke depan, yaitu dari 29 Maret hingga 12 April 2022. Adapun penetapan level PPKM mengacu pada level situasi pandemi di wilayah, kota atau kabupaten daerah masing-masing.

"Kriteria penerapan level PPKM di luar Jawa-Bali adalah berdasarkan level situasi pandemi Covid-19, yaitu Transmisi Komunitas (jumlah kasus, kematian, dan rawat inap) dan kapasitas respons (testing, tracing, treatment/BOR),” tegas Menko Airlangga.

Baca Juga: Groundbreaking Investasi Pabrik Kertas Berkelanjutan RAPP, Airlangga Harap Menumbuhkan Pusat Ekonomi Baru

Menurut Airlangga, pemda-pemda telah diminta meningkatkan cakupan vaksinasi dosis lengkap dan dosis ketiga atau booster, terutama untuk lansia. Sebagai informasi, sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), kata Airlangga, vaksinasi selama bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Kemenko Ekonomi

Tags

Terkini

Sebulan Penuh Ada Pesta Diskon di Solo Great Sale Lho!

Minggu, 25 September 2022 | 19:05 WIB

Peduli Member Dan Bukan Penipu, Ini Fakta PT SMI

Minggu, 25 September 2022 | 11:12 WIB

Sandiaga Uno Kagumi Kualitas Kopi Cianjur Jawa Barat

Minggu, 25 September 2022 | 11:12 WIB
X