• Selasa, 6 Desember 2022

Pemerintah Gandeng Kadin Untuk Bangun Mekanisme Pelayanan Digitalisasi

- Selasa, 29 Maret 2022 | 22:38 WIB
Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika KADIN Indonesia, Firlie H Ganinduto, Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro  dan Ketua Yayasan Internet Indonesia, Jamalul Izza  dalam acara DNES 2022 di Solo (Endang Kusumastuti)
Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika KADIN Indonesia, Firlie H Ganinduto, Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro dan Ketua Yayasan Internet Indonesia, Jamalul Izza dalam acara DNES 2022 di Solo (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Pemerintah saat ini telah membangun mekanisme pelayanan digitalisasi kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat terpuaskan dalam pelayanan yang diberikan pemerintah.

"Baik itu pelayanan pemerintahan, kehidupan sosial, maupun perekonomian termasuk di dalamnya adalah perizinan. Itu misi besar dalam pembanguan pelayanan digital," jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro dalam pembukan Digitalisasi Nusantara Expo dan Summit (DNES) 2022 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Jawa Tengah,  Selasa (29/3/2022).

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah perlu peran dari swasta. Suhajar mengatakan Kadin sebagai mitra pemerintah akan bahu membahu membangun mekanisme pelayanan digital.

Baca Juga: Bea Cukai Surakarta Kembali Tindak Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal

"Di daerah kota- kota bahkan desa sudah ada yang  berhasil melakukan ini. Seperti di Desa Hanura Lampung dan Desa Punggul di Badung, sudah terdigitalisasi semua," jelasnya lagi.

Pihaknya terus mendorong kepada pemerintah daerah (pemda), pemerintah kecamatan, desa maupun kelurahan untuk mengikuti daerah yang sudah menerapkan pelayanan digital. Karena dengan digitalisasi maka pelayanan akan lebih cepat.

"Negara- negara berkembang yang cepat majunya dibanding negara berkembang lain karena mampu merubah pemerintah sebagai organisasi pelayanan. Hal ini juga dikaitkan dengan teknologi digitalisasi," katanya.

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika KADIN Indonesia, Firlie H Ganinduto menambahkan melalui acara Digitalisasi Nusantara Expo dan Summit 2022 tersebut bertujuan untuk mengenalkan digitalisasi ke daerah-daerah.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir Tahun, UNS Solo Tambah Empat Guru Besar Baru

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:07 WIB

Bank bjb Raih Banking Award Dari LPS 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:30 WIB
X