• Selasa, 16 Agustus 2022

Bea Cukai Surakarta Kembali Tindak Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal

- Selasa, 29 Maret 2022 | 16:04 WIB
Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Surakarta, Hari Prijandono menunjukkan rokok ilegal (Endang Kusumastuti)
Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Surakarta, Hari Prijandono menunjukkan rokok ilegal (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.IDBea Cukai Surakarta, kembali menindak peredaran rokok ilegal di wilayah Solo Raya. Puluhan ribu batang rokok ilegal di wilayah Kabupaten Sukoharjo dan Boyolali, berhasil diamankan petugas Bea Cukai Surakarta, Kamis (24/3/2022) lalu.

Dari penindakan yang dilakukan Bea Cukai Surakarta tersebut, berhasil menyita barang bukti rokok ilegal tanpa pita cukai dengan total sebanyak 31.500 batang, Dari kejadian tersebut Bea Cukai menangkap dua orang sebagai tersangka yakni SPR dan AM. 

"Penindakan ini merupakan hasil informasi dari masyarakat yang mengetahui adanya penjualan dan peredaran rokok ilegal di daerah Sawit, Kabupaten Boyolali," jelas Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Surakarta, Hari Prijandono, Selasa (29/3/2022).

Setelah melakukan pengintaian, petugas Bea Cukai akhirnya mendatangi toko yang berlokasi di dekat daerah tersebut. Petugas melakukan pemeriksaan terhadap barang yang diduga merupakan rokok tanpa dilekati pita cukai di sebuah keranjang yang berada di atas sepeda motor yang dikendarai oleh SPR. 

Baca Juga: Gempur Rokok Ilegal Oleh KT&G TSPM Diapresiasi Bea Cukai Dan Pemkab Pasuruan

Petugas kemudian melakukan pengembangan informasi ke tempat perolehan rokok ilegal tersebut berdasarkan keterangan dari  tersangka SPR. 

“Pertama, petugas menyambangi kediaman AM di Kecamatan Baki, Sukoharjo dan menemukan barang bukti. Selanjutnya kami juga mendatangi rumah SPR yang berada di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo dan di sana juga masih terdapat rokok puluhan bungkus rokok ilegal yang akan dipasarkan," jelasnya lagi.

Dari peredaran rokok ilegal tersebut, diperkirakan nilainya mencapai Rp35.910.000. Dengan nilai asumsi per batang rokoknya (SKM/ Sigaret Kretek Mesin) adalah sebesar Rp1.140.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Mengenal Sejarah Paskibraka

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:21 WIB

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna Raih Gelar Doktor

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:56 WIB

Pemkot Bandung Berkomitmen 'Rebranding' SMP PGRI

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:50 WIB

Perda RTRW Dinilai Sangat Bermanfaat Bagi Pembangunan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:48 WIB

Kelola sampah, IPRO Siap Gandeng Pemerintah Daerah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:42 WIB
X