• Senin, 26 September 2022

Presiden Minta Para Gubernur Sikapi Krisis Energi Dan Pangan Akibat Ketidakpastian Global

- Senin, 14 Maret 2022 | 13:51 WIB
Presiden memberikan arahan kepada para gubernur se-Indonesia. (BPMI Setpres.)
Presiden memberikan arahan kepada para gubernur se-Indonesia. (BPMI Setpres.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para gubernur seluruh Indonesia untuk ikut menyikapi situasi global yang makin tidak menentu akibat revolusi industri 4.0, pandemi dan perang di Ukraina yang berdampak terjadinya krisis energi dan krisis pangan dunia.

“Dunia pada situasi tidak mudah, baik karena disrupsi kronis akibat revolusi industri 4.0, ditambah lagi kekacauan karena pandemi, ditambah lagi urusan yang namanya perang,” ujar Presiden dalam pengarahannya kepada para Gubernur se-Indonesia di Hotel Novotel Balikpapan, Minggu (13/3/2022).

Menurut Presiden, ketidakpastian situasi global akibat krisis energi, krisis pangan dan perang saat ini bisa berdampak terhadap negara Indonesia.

 

“Harga minyak dunia naik dua kali lipat, belum gas, belum lagi kelangkaan pangan, yang menyebabkan harga-harga juga akan melonjak,” ungkap Presiden pula, dikutip dari laman resmi Presiden RI.

Oleh sebab itu, Presiden meminta kepada para gubernur untuk menyesuaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan situasi yang terjadi saat ini.

“Dalam penganggaran di APBD Bapak/Ibu, ubah semuanya tidak seperti pada waktu yang normal dulu. Jangan business as usual APBD harus bisa kita create disesuaikan, kuncinya cuma satu kecepatan kita untuk menyesuaikan,” kata Presiden.

Soal Pemindahan IKN

Secara khusus Presiden Jokowi juga menjelaskan kepada para gubernur terkait pemindahan Ibu Kota Jakarta ke Nusantara.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

DKI Gelar Program Pangan Murah Hingga Desember

Jumat, 23 September 2022 | 07:26 WIB

250 Pelajar di Jakarta Ikuti Edukasi tentang Tibum

Rabu, 21 September 2022 | 18:47 WIB
X