• Jumat, 12 Agustus 2022

Presiden Joko Widodo Hadiri Jumenengan Mangkunegara X

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:58 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan salam kepada Mangkunegara X yang baru saja dikukuhkan di Pura Mangkunegaran Solo (Humas Pemkot Solo)
Presiden Joko Widodo memberikan salam kepada Mangkunegara X yang baru saja dikukuhkan di Pura Mangkunegaran Solo (Humas Pemkot Solo)

 

SUARAKARYA.ID: Upacara jumenengan atau naik tahta Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X, telah dilangsungkan di Pura Mangkunegaran Solo , Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022).

Sejumlah tamu nampak menghadiri prosesi yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB tersebut. Istimewanya, acara itu juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Presiden Jokowi hadir sekitar pukul 11.50 WIB, dimana seluruh prosesi upacara telah usai.

Kehadiran Presiden Jokowi  di lokasi tersebut juga tidak lama, hanya 10 menit. Begitu tiba di Pura Mangkunegaran, Presiden Jokowi langsung menuju ke paringitan,  dimana KGPAA Mangkunegara X duduk.

Baca Juga: Breaking News: Gempa 5,3 Guncang Banten, Gempa Hari Ini Terasa Hingga Jakarta

Jokowi memberikan salam kepada  penguasa Pura Mangkunegara yang baru tersebut. Selanjutnya juga menyapa permaisuri KGPAA Mangkunegara IX, Gusti Kanjeng Putri Prisca Marina.

Mantan Wali Kota Solo itu juga menyapa Raja Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama permaisuri Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Serta Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII bersama permaisuri. Presiden juga menyapa pemimpin Pura Pakualam Yogyakarta  KGPAA Pakualam X.

Jokowi kemudian duduk diantara dua raja tersebut dan sempat berbincang dengan Hamengkubuwono  X yang juga Gubernur DIY tersebut. Setelah sekitar 10 menit, Presiden Jokowi langsung berpamitan dan meninggalkan Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Sejak Zaman VOC Ekspor Bahan Mentah, Jokowi Tegaskan Saatnya Indonesia Berani Stop

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Bandung Berkomitmen 'Rebranding' SMP PGRI

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:50 WIB

Perda RTRW Dinilai Sangat Bermanfaat Bagi Pembangunan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:48 WIB

Kelola sampah, IPRO Siap Gandeng Pemerintah Daerah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:42 WIB

Program Buruan SAE Dapat Pujian di Forum Urban 20

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:15 WIB

Omzet Pasar Krearif Bandung Tembus Rp6,5 Miliar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:51 WIB
X