Mau Lolos SBMPTN, Ini Tips Dari Rektor UNS!

- Rabu, 9 Maret 2022 | 19:20 WIB
Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho bagikan tips lolos  SBMPTN (Endang Kusumastuti)
Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho bagikan tips lolos SBMPTN (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dibuka pada 23 Maret 2022 mendatang. SBMPTN 2022 akan dilaksanakan dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk bisa lolos UTBK SBMPTN 2022 harus ditempuh dengan persiapan yang matang.

Mau lolos UTBK SBMPTN? Ada beberapa tips yang diberikan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo,Prof Jamal Wiwoho.

"Siap menghadapi UTBK SBMPTN 2022 ditandai dengan usaha, kerja keras, dan tidak boleh malas saat belajar. Senantiasa membandingkan kemampuan diri sendiri. Apakah ada kemajuan atau tidak setiap harinya,” jelas Jamal, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga: Jelang Dies Natalis, UNS Akan Kukuhkan Dua Guru Besar Baru

Selain itu, karena tingkat keketatan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu tinggi dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Maka, kuncinya ada pada persiapan yang baik dan matang.

Calon mahasiswa juga harus mengenali minat dan kompetensi diri, menggali PTN dan Program Studi (Prodi) beserta daya tampungnya melalui website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), serta melakukan simulasi atau tryout juga perbanyak latihan soal mandiri.

“Siapa yang tidak siap, berpeluang akan kalah lebih besar. Dengan demikian,  siapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi SBMPTN 2022 melalui jalur UTBK," jelasnya lagi.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions 2022 : Manchester City vs Sporting Lisbon, Misi Mustahil Sporting Lisbon

Jamal juga mengingatkan kepada calon mahasiswa untuk menyiapkan  mental dan religi dengan baik. Senantiasa berdoa dan berusaha yang keras. Pilihlah Prodi yang cocok dan sesuai dengan kemampuan.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Depok Lantik PPS Pemilu 2024

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:02 WIB

Bank bjb Bagi-bagi Hadiah untuk Ratusan Agen bjb BiSA

Minggu, 22 Januari 2023 | 22:58 WIB
X