• Rabu, 17 Agustus 2022

Jelang Dies Natalis, UNS Akan Kukuhkan Dua Guru Besar Baru

- Senin, 7 Maret 2022 | 18:56 WIB
Prof Nuryani dan Prof Prabang Setyono, dua guru besar baru UNS yang akan dikukuhkan jelang Dies Natalis ke-46 UNS (Endang Kusumastuti)
Prof Nuryani dan Prof Prabang Setyono, dua guru besar baru UNS yang akan dikukuhkan jelang Dies Natalis ke-46 UNS (Endang Kusumastuti)

 

SUARAKARYA.ID: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menambah dua guru besar lagi. Menjelang Dies Natalis ke -46, UNS akan mengukuhkan dua guru besar yakni Prof Nuryani, S.Si., M.Si., Ph.D. dan Prof Dr. Ir. Prabang Setyono, S.Si, M.Si., C.EIA., IPM dari Fakultas  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Prof Nuryani merupakan guru besar ke-21 FMIPA dan ke -246 UNS. Sedangkan Prof Prabang merupakan guru besar ke-22 FMIPA dan ke-247 UNS

Pada pengukuhannya besok Selasa (8/3/2022), Prof Nuryani yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Instrumentasi Medis Program Studi (Prodi) Fisika FMIPA itu akan membacakan pidato pengukuhan berjudul Pengembangan Instrumentasi Medis Dengan Sistem Cerdas Berbasis Elektrokardiogram Dalam Mendukung Kemandirian Alat Kesehatan.

"Elektrokardiogram pada dasarnya merupakan representasi aktifitas kelistrikan jantung, sebagai resultan sinyal listrik yang berasal dari bagian-bagian jantung, yang diukur dengan aras waktu," jelas Prof Nuryani kepada wartawan di UNS Inn Solo, Senin (7/3/2022).

Baca Juga: Keren, UNS Solo Masuk Peringkat 6 PT Terbaik Versi Webometrics

Kemudian data elektrokardiogram dapat memberikan informasi yang terkait gangguan jantung dan gangguan tubuh lainnya yang berhubungan dengan jantung. 

"Suatu sistem yang dilengkapi dengan teknik kecerdasan komputasi (computational intelligence) tertentu untuk pengolahan data elektrokardiogram dapat digunakan sebagai sistem deteksi gangguan tubuh tertentu," jelasnya lagi.

Kecerdasan komputasi ini dapat melakukan suatu proses pembelajaran atau pengenalan pola data elektrokardiogram yaitu pola elektrokardiogram yang tidak normal karena gangguan tubuh terterntu dan elektrokardiogram normal.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

Agus Andi: Potensi UMKM Butuh Dibantu Pentahelix

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:41 WIB

Tedy Rusmawan Dukung Kompetisi Olahraga Kewilayahan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:24 WIB

Yuk Mengenal Sejarah Paskibraka

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:21 WIB
X