Hiii, Ada Delapan Ular Ditemukan Di Sekitar Rumkitlap

- Selasa, 15 Februari 2022 | 15:45 WIB
Sebanyak delapan ekor ular termasuk viper hijau ditemukan di sekitar kawasan Rumkitlap Benteng Vastenburg (Endang Kusumastuti)
Sebanyak delapan ekor ular termasuk viper hijau ditemukan di sekitar kawasan Rumkitlap Benteng Vastenburg (Endang Kusumastuti)

 

SOLO: Tim dari Exalos (Exotic Animal Lovers) Indonesia, Solo menemukan delapan ekor ular di sekitar rumah sakit lapangan (Rumkitlap) Benteng Vastenburg. Delapan ekor ular tersebut ditemukan saat tim melakukan penyisiran di kawasan tersebut, Selasa (15/2/2022).

Penyisiran dilakukan untuk membersihkan kawasan tersebut karena Rumkitlap Benteng Vastenburg akan digunakan sebagai tempat isolasi terpusat (isoter).

"Dari penyisiran yang kami lakukan, ditemukan enam ekor ular jali, satu ekor ular gadung luwuk atau viper hijau dan satu lagi baby kobra jawa," jelas anggota Exalos Indonesia, Solo,  Jodi atau yang biasa dipanggil Pakde Jo, di Benteng Vastenburg Solo.

Kedelapan ular tersebut didapat saat mereka melakukan penyisiran sebanyak tiga kali baik di dalam dan luar Benteng Vastenburg. Jodi mengatakan dari delapan ekor ular yang didapat, dua diantaranya berbisa. Yakni viper hijau dan baby kobra.

Baca Juga: Sabu Senilai Rp3,7 M Dimusnahkan Kejari Solo Bersama Barang Bukti Lain

"Meskipun ularnya masih kecil tapi sudah berbisa karena begitu dia lahir sudah berbisa karena untuk pertahanan diri dan mencari makan," jelasnya lagi.

Jodi juga mengingatkan bahayanya jika tergigit ular berbisa. Jika salah penanganannya maka akan berakibat vatal. Karena jika ular berbisa menggigit maka bisa ular tersebut akan masuk ke kelenjar getah bening bukan ke peredaran darah.

"Sehingga harus dilakukan imobilisasi untuk mencegah kontraksi otot. Karena begitu tejadi kontraksi otot maka bisa ular yang sebelumnya di fase lokal akan pindah ke sistemik dan masuk ke organ dalam," paparnya.

Halaman:

Editor: Endang Kusumastuti

Tags

Terkini

Temui Habib Novel, Gibran Minta Doa Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:57 WIB

Gandeng PT KAI, Gibran Promosikan Solo Safari

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:33 WIB

Komisi D Dukung Percepatan Musor KONI Kota Bandung

Rabu, 1 Februari 2023 | 05:13 WIB

Bang Zul Yakin Soal Trawangan dan Mandalika Tuntas

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:23 WIB

Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM Hadir di Lampung

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:16 WIB
X