Berbeda Dengan Menterinya, Kemenparekraf Anggap Masalah Turis Ukraina Miskom

- Senin, 31 Januari 2022 | 14:09 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno.
Menparekraf, Sandiaga Uno.

 

 

JAKARTA: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno baru saja membongkar dugaan praktik jebakan karantina turis asing asal Ukraina di salah satu hotel di Jakarta. Ancaman tindak tegas pun keluar dari mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Ia menganggap, kejadian ini akan mencoreng nama baik Indonesia di mata dunia, khususnya di dunia pariwisata.

Lain dari ancaman yang dikeluarkan sang menteri, pihak Kemenparekraf justru mengeluarkan pernyataan berbeda. Mereka menyebut penyebab permasalahan ini hanya miskomunikasi antara hotel dengan turis Ukraina, bukan jebakan karantina seperti yang diduga bosnya, Sandiaga.

"Berdasarkan temuan di lapangan, ini lebih kepada miskomunikasi antara penyedia dan pelaku perjalanan. Dari Tim Kemenparekraf melakukan komunikasi, advokasi, dan menghubungkan dengan pihak-pihak terkait sehingga adanya kejelasan mengenai prosedur karantina," bunyi keterangan pers Kemenparekraf yang diterima, Minggu (30/1/2022).

Kemenparekraf mengaku sudah membuat aturan baru dengan membuat help desk untuk turis dari luar negeri. Aturan yang masih bersifat antisipatif tersebut dimaksudkan agar miskomunikasi tak kembali terjadi. ***

"Langkah antisipasi yang dilakukan agar hal ini tidak terulang, kami sedang menyiapkan help desk diperuntukkan bagi wisatawan mancanegara yang akan mulai datang dengan dibukanya border, dan kami juga siap membantu jika ada hal-hal yang perlu kami advokasi," jelas Kemenparekraf.

Kemenparekraf akan memastikan seluruh pelaku pariwisata menjalankan prokes dan aturan terkait kunjungan wisata mancanegara. Selain itu, Kemenparekraf mengatakan akan lebih dalam lagi terlibat dalam monitoring pelaksanaan surat edaran, baik dari Kemenkes dan Satgas COVID-19.

Halaman:

Editor: Agung Elang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Disparbud Kota Bekasi Kembangkan Wisata Raftimg

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:31 WIB

Diguyur Hujan Deras, Sembilan Ruas Jalan Tergenang

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:59 WIB
X