Apa Itu Henti Jantung? Ini Kata Dokter Spesialis Jantung RS UNS Solo

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 18:30 WIB
dokter spesialis jantung Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Habibie Arifianto, dr.,SpJP (K)., M.Kes  (Endang Kusumastuti)
dokter spesialis jantung Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Habibie Arifianto, dr.,SpJP (K)., M.Kes (Endang Kusumastuti)

SOLO: Waspada, saat ini banyak kasus henti jantung di usia muda. Sebenarnya apa sih henti jantung itu?  Begini penjelasan dari dokter spesialis jantung Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Habibie Arifianto, dr.,SpJP (K)., M.Kes.

Menurut dr Habibie kasus henti jantung yang biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Kasus henti jantung yang terbanyak adalah gangguan aktivitas listrik jantung.

"Ini bisa mengakibatkan gangguan irama fatal yang membuat seseorang pingsan hingga berujung kepada kematian. Kalau terminologi henti jantung jelas fatal, karena saat terjadi henti jantung otomatis fungsi jantung sebagai pompa darah keseluruhan tubuh akan terhenti," jelas dr Habibie, Sabtu (29/1/2022).

Hal ini terjadi karena saat pasukan oksigen terhenti maka nutrisi ke otak, organ tubuh lainnya, hingga ke otot jantung juga akan berhenti dan ini akibatnya bisa fatal. 

Baca Juga: Anak Nurul Arifin, Maura Magnalia Meninggal Dunia di Usia 27 Tahun

Saat terjadi gangguan irama jantung yang fatal, hanya membutuhkan beberapa detik hingga pasien akan bergejala, biasanya pingsan, kejang dan pasien akan kolaps.

"Biasanya henti jantung disebut juga cardiac arrest atau sudden cardiac death. Apabila ada kejadian seseorang mengalami henti jantung maka harus segera dilakukan pijat jantung luar," jelasnya lagi.

Cara ini memungkinkan korban untuk dapat mengembalikan sirkulasi darah hingga sadar kembali. Namun, jika  tidak ada yang membantu untuk melakukan pijat jantung luar tentu gangguan irama akan berlanjut hingga pasien ditemukan meninggal dunia.

Baca Juga: Wah, Jumlah Siswa Terpapar Covid-19 Dari Klaster SMA Warga Solo Bertambah Lagi

Halaman:

Editor: Endang Kusumastuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temui Habib Novel, Gibran Minta Doa Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:57 WIB

Gandeng PT KAI, Gibran Promosikan Solo Safari

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:33 WIB

Komisi D Dukung Percepatan Musor KONI Kota Bandung

Rabu, 1 Februari 2023 | 05:13 WIB

Bang Zul Yakin Soal Trawangan dan Mandalika Tuntas

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:23 WIB

Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM Hadir di Lampung

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:16 WIB
X