Candi Borobudur Aman, Tidak Bakal Terkena Tol Jogja-Bawen

- Jumat, 21 Januari 2022 | 09:16 WIB
Candi Borobudur. (Foto: Istimewa)
Candi Borobudur. (Foto: Istimewa)

 

 

MAGELANG: Keberadaan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jateng, dijamin aman, tidak bakal terkena dampak pembangunan proyek jalan tol Jogja-Bawen (Kabupaten Semarang).

"Justru sebaliknya, proyek prestisius jalan tol ini bakal mampu mendongkrak objek wisata kelas dunia tersebut," kata perwakilan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen dari Pemprov Jateng, Endro Hudiyono, di Magelang, Kamis (20/1/22).

Betapa tidak? Menurutnya keberadaan jalan tol akan mempermudah akses wisatawan menuju kawasan candi.

“Pemerintah menjamin, tol Jogja-Bawen, tidak akan mengenai Candi Borobudur. Namun justru mendekatkan akses ke kawasan Candi. Sehingga diharapkan, dengan adanya jalan tol Jogja-Bawen  bisa mendongkrak pariwisata di kawasan Borobudur,” kata Endro

Ia  melanjutkan, Borobudur merupakan destinasi wisata superprioritas, sekaligus kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). Sehingga jalan tol bukan semata-mata untuk kepentingan Candi Borobudur, tapi juga destinasi kawasan pariwisata di sekitar candi.

Selain manfaat akses bagi mobilitas masyarakat, keberadaan tol juga untuk meningkatkan investasi dan pertumbuhan perekonomian bagi Kabupaten penyangga di sekitar Kabupaten Magelang.

Seperti Kabupaten Semarang, Temanggung, Purworejo, Boyolali, Wonosobo, dan Kota Magelang. Sehingga secara bertahap jika tol sudah  beroperasi maka perekonomian di Kabupaten penyangga juga bisa menerima manfaatnya.

Halaman:

Editor: Pudyo Saptono

Terkini

Temui Habib Novel, Gibran Minta Doa Ini

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:57 WIB

Gandeng PT KAI, Gibran Promosikan Solo Safari

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:33 WIB

Komisi D Dukung Percepatan Musor KONI Kota Bandung

Rabu, 1 Februari 2023 | 05:13 WIB
X