• Kamis, 30 Juni 2022

Banyak Genangan, PLN Ingatkan Bahaya Listrik

- Kamis, 20 Januari 2022 | 09:38 WIB
Salah satu instalasi listrik PLN yang tergenang air. (Humas PLN Jatim)
Salah satu instalasi listrik PLN yang tergenang air. (Humas PLN Jatim)


SURABAYA: PT PLN (Persero) menghimbau warga masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan ketenagalistrikan, terutama saat musim penghujan seperti sekarang. Himbauan itu disampaikan menyusul kabar tewasnya seorang anak akibat tersengat listrik di sekitar Jembatan Pos Penjagaan TNI AL di Surabaya Utara.

Menurut Manager PLN UP3 Surabaya Utara, Hamzah, masyarakat seharusnya tetap selalu menjaga jarak aman terhadap jaringan listrik baik Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Jaringan Tegangan Menengah (JTM), gardu distribusi, tiang listrik dan lainnya. "Kami memohon partisipasi aktif seluruh masyarakat, bila terdapat kabel PLN yang menjuntai dan dapat membahayakan agar segera dilaporkan," ujarnya, Kamis (20/1/2022).

Sebelumnya, beredar informasi tentang anak yang sedang bermain dan mencari ikan di sungai ketika hujan menyentuh kabel SR milik PLN. Anak yang langsung tersengat listrik pada (19/1/2022) pukul 13:04 WIB itu langsung meninggal dunia di lokasi kejadian di Jembatan Pos Penjagaan TNI di Surabaya Utara.

Dalam kesempatan itu, Hamzah menyampaikan permohonan maaf dan duka yang mendalam atas peristiwa ini. Kedepannya, PLN akan terus menggiatkan edukasi keselamatan ketenagalistrikan dan aktif berkoordinasi dengan tokoh masyarakat serta aparat yang berwenang untuk turut terlibat dalam edukasi ini.

Dia mengingatkan bahwa musim hujan yang terjadi belakangan berpotensi memicu banjir dan ada genangan. "Dalam kondisi seperti itu, mohon agar tidak mendekati gardu distribusi, tiang listrik dan kabel-kabel milik PLN," ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan agar masyarakat senantiasa menjaga jarak aman terhadap jaringan listrik baik Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Jaringan Tegangan Menengah (JTM), gardu distribusi, tiang listrik dan lainnya. Sepanjang tahun, PLN UP3 Surabaya Utara terus menggiatkan edukasi kepada anak sekolah, masyarakat umum baik secara edukasi langsung maupun melalui pamflet dan media sosial.

Pihaknya mempersilakan warga yang melihat potensi bahaya kelistrikan untuk segera melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center PLN 123.***

Editor: Andira

Tags

Terkini

PLN Berikan Dompet Sampah Gerobak Motor Listrik

Selasa, 28 Juni 2022 | 18:57 WIB

Kawasan Timur Indonesia Masuk Kawasan Hijau PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 22:50 WIB
X