• Minggu, 26 Juni 2022

Warga Bangga Pemerintah Makin Banyak Rekrut Pemuda Papua Jadi Anggota Polri, Kurangi Pengangguran

- Minggu, 16 Januari 2022 | 17:59 WIB
Bintara Otsus Papua
Bintara Otsus Papua

 

 

SUARAKARYA.ID:  Yustianus, warga asli Papua di Sorong bangga dan memberikan jempol kepada  Pemerintah Indonesia. Terutama Polri  karena bisa merekrut  1.496  Bintara Airmasi  Otonomi Khusus (Otsus) Papua menjadi Polisi.

Menurut Yustianus, masyarakat Papua memang  sangat antusias karena pengangguran di Papua Barat kini makin tinggi. Sehingga upaya merekrut pemuda Papua menjadi anggota Polri, sangat terpunji.

“Kami berharap program rekrutmen pemuda pemudi Papua menjadi aparatur negara terus berlangsung tiap tahun. Memang disadari bahwa  rekrutmen anggota Polri membutuhkan persyaratan cukup ketat terutama di bagian kesehatan,”katanya.

Menyadari hal itu belakangan ini orang tua pemuda pemudi di Papua dianjurkan untuk menjaga kesehatan putra-putrinya. Terutama anak-anak harus dididik untuk hidup bersih dan bebas dari minuman keras dan narkotika.

Karena menut Yustianus pendidikan pertama di rumah menjadi  hal  penting menjawab persoalan  rekrutmen calon anggota Polri dan TNI. “Mengapa saya sampaikan begini karena saat ini minuman keras dan narkoba marak di Papua Barat. Ini sangat mengkhawatirkan masa depan bangsa di daerah ini,”katanya.

Ia, mengingatkan bahwa lulus  pemeriksaan kesehatan untuk menjadi anggota Polri maupun TNI itu paling utama. Intinya, harus lolos tes kesehatan. Nah kalau pemuda yang sering mabuk miras apalagi pernah mengonsumsi sabu atau narkotika  lainnya, itu sulit lolos tes kesehatan.

Sebenarnya, lanjut Yustianus, adat apalagi masalah agama di Papua  ketat sangat dijunjung tinggi. Namun terkadang anak-anak muda di daerah ini lupa menjalankan kebiasan atau budaya orang Papua yang sangat  menghargai orang lain. Utamanya menjaga  diri dari berbagai  bahaya.

Halaman:

Editor: TJ Rubiyanto

Artikel Terkait

Terkini

X