• Senin, 25 September 2023

Menaker: RUU PPRT Terdiri dari 367 DIM 

- Selasa, 16 Mei 2023 | 08:31 WIB
Menaker Ida Fauziyah
Menaker Ida Fauziyah
 
 
SUARAKARYA.ID: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, menyatakan, pemerintah telah menyelesaikan pembahasan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) Rancangan Undang-Undang tentang Pelindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).
 
Menaker menyebutksn, DIM RUU PPRT mencakup 367 DIM. Jumal itu terdiri dari 239 DIM batang tubuh dan 128 DIM penjelasan. 
 
"DIM yang kami bahas ada 238 DIM, yang akhirnya setelah kami lakukan pembahasan menjadi 367 DIM," kata Menaker, saat menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pengesahan UU PPRT di Jakarta, Senin (15/5/2023). 
 
 
Menaker menyatakan, penambahan jumlah DIM dari 238 menjadi 367 tersebut tak terlepas dari hasil koordinasi dengan lintas K/L maupun hasil dari serap aspirasi. 
 
"Karena, tentu setelah melakukan koordinasi dengan K/L dan serap aspirasi dengan stakeholders, alhamdulillah seluruh stakeholders mendukung RUU ini segera dibahas dan disahkan," katanya. 
 
Secara rinci, Bab I berisi tentang ketentuan umum dan Bab II berisi asas dan tujuan. "Di situ dijelaskan bahwa tujuannya adalah pelindungan PRT dalam mencegah segala bentuk kekerasan bagi PRT," jelasnya. 
 
 
Bab III berisi perekrutan dan lingkup pekerjaan kerumahtanggaan. Nantinya, perekrutan PRT dapat dilakukan melalui 2 cara. Pertama, perekrutan secara langsung calon PRT yang dilakukan oleh Pemberi Kerja dan berdasarkan Kesepakatan. Kedua, perekrutan secara tidak langsung calon PRT yang dilakukan oleh P3RT. 
 
"Ini juga mengakomodir psikologis masyarakat kita yang mana PRT itu dilakukan perekrutan secara langsung dan perekrutan secara tidak langsung," jelasnya. 
 
Bab IV berisi tentang hubungan kerja; Bab V berisi tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak; serta  Bab VI berisi peningkatan keterampilan dan keahlian. 
 
 
"Dan saya kira yang harus menjadi concern kita bersama adalah terkait dengan peningkatan keahlian dan keterampilan," ujarnya. 
 
Selanjutnya, Bab VII berisi tentang Perusahaan Penempatan Pekerja Rumah Tangga (P3RT); Bab VIII berisi pembinaan dan pengawasan; serta Bab IX berisi tentang penyelesaian perselisihan. 
 
Kemudian Bab-bab berikutnya berisi ketentuan pidana; ketentuan peralihan; dan ketentuan penutup. ***

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menaker  Melepas 224 Cabin Crew ke Arab Saudi

Kamis, 21 September 2023 | 22:23 WIB

Telkom Hadirkan Daycare Berstandar TARA Ramah Anak

Kamis, 21 September 2023 | 21:18 WIB
X