Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman Buka dan Saksikan Lomba Karapan Sapi Piala Kasad Tahun 2023

- Senin, 20 Maret 2023 | 17:36 WIB
Foto: Dispenad
Foto: Dispenad

SUARAKARYA.ID: Usai menerima  Gelar Kesultanan Bangkalan, Madura, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman membuka dan  menyaksikan Lomba Karapan Sapi Piala Kasad Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Kerapan Sapi  H. R.P. Moh. Noer Bangkalan, Madura, Senin (20/3/2023).

Dalam event bertajuk Karapan Sapi Perang Bintang Se-Jawa Timur memperebutkan Piala Kasad tersebut, puluhan sapi karapan terbaik itu berasal dari empat kabupaten di Madura yaitu Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep. Ditambah sebanyak 6 pasang sapi kerap dari Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, hingga Jember.

Dalam sambutannya Kasad menyampaikan, Karapan Sapi merupakan tradisi yang sudah lama ada di lingkungan masyarakat Madura dan tradisi ini telah dilaksanakan turun temurun yang identik dengan pesta rakyat. Namun seiring berkembangnya waktu, permainan ini bukan hanya menjadi pesta rakyat semata melainkan juga menjadi daya tarik tersendiri serta menjadi objek wisata bagi pelancong domestik maupun mancanegara.

Lebih lanjut Kasad menegaskan bahwa Lomba Karapan Sapi Piala Kasad ini baru pertama kali dilaksanakan dengan  memperebutkan hadiah mobil, motor hingga hadiah menarik lainnya.

Foto: Dispenad
Foto: Dispenad

Untuk itu, melalui event ini Kasad berharap dapat lebih memperkenalkan dan melestarikan budaya karapan sapi ciri khas Madura kepada masyarakat Indonesia dan dunia. Karapan Sapi bukan hanya sekedar arena adu cepat dengan mengendalikan sapi untuk mengalahkan lawan menjadi yang pertama. Namun banyak nilai filosofis yang terkandung  di dalamnya yang patut diteladani dalam kehidupan sehari-hari diantaranya nilai kerja keras, kerja sama, ketertiban dan sportivitas.

“Saya menaruh harapan yang besar kepada seluruh peserta, agar tetap menjunjung tinggi sportivitas dengan mengedepankan rasa persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan dalam rangka meningkatkan soliditas dan solidaritas. Jaga faktor keamanan selama dan sesudah pertandingan ini diselenggarakan, “ pesan Kasad.

Dalam lomba tersebut diikuti oleh 24 orang joki sapi yang  akan saling unjuk ketangkasan dalam mengendalikan laju 48 pasang ekor sapi di lintasan pacu sejauh 230 meter.

Pada kesempatan tersebut, Kasad menyerahkan hadiah secara simbolis kepada Plt. Bupati Bangkalan Drs. Mohni, M.M  yang nantinya akan diserahkan kepada para pemenang Lomba Karapan Sapi Piala Kasad Tahun 2023.  (Dispenad) ***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X