• Selasa, 25 Januari 2022

Jakpro Klaim Maret  Pembangunan JIS Rampung, Wartawan Ragu Sotf Lounching Tepat Waktu

- Jumat, 14 Januari 2022 | 20:28 WIB
Menejer Proyek JIS Ari Wibowo (kanan) didampingi Ketua Koordinator wartawan Balai Kota Sammy Edward Watimen saat menyampaikan penjelasan kepada wartawan, di ruang pers konverence JIS, Jumat (14%1/2022).
Menejer Proyek JIS Ari Wibowo (kanan) didampingi Ketua Koordinator wartawan Balai Kota Sammy Edward Watimen saat menyampaikan penjelasan kepada wartawan, di ruang pers konverence JIS, Jumat (14%1/2022).

JAKARTA: Pembangunan stadion megah kebanggaan masyarakat Jakarta,  yakni Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjungpriok, Jakarta Utara  telah mendekati rampung.

Pihak kontraktor Jakarta Propertindo (Jakpro) mengklaim bahwa memasuki pekan ke 123, pekerjaan  proyek senilai Rp4,5 triliun itu sudah mencapai 93, 85 persen.

Hal itu dikatakan Manajer Proyek  PT Jakpro Ari Wibowo kepada puluhan wartawan  yang berkunjung ke JIS, Jumat (14/1/2022).

Menurut Ari Wibowo, saat ini tinggal tahap finishing. Namun menurut pengamatan Suarakarya.Id di lapangan, volume  pekerjaan masih cukup banyak antara lain penyelesaian track stadion dan pemasangan rumput di banyak sisi,  pemasangan kursi tempat duduk penonton, pembersihan ruangan-ruangan fasilitas stadion, pengisian sarana -prasarana ruangan  di stadion,  dan penataan  plaza barat sebagai pintu masuk utama JIS.

Sementara itu, pekerjaan rumah (PR) yang tidak mudah diselesaikan adalah penertiban ratusan bangunan semipermanen di sekitar stadion, karena hunian ilegal itu mengganggu keindahan tata kota serta tidak enak dipandang.

Ada 600 kepala keluarga (KK) yang menghuni kampung Bayam, berhimpitan dengan lokasi JIS juga di sisi rel kereta api. Manajer Proyek JIS Ari Wibowo membenarkan bahwa keberadaan ratusan bangunan di sebelah selatan dan timur  JIS tersebut masih menjadi PR bersama.

“Kami masih terus berkoordinasi dengan Pemprov DKI maupun Wali Kota Jakarta Utara untuk mencari solusinya,” ujar Ari pada acara kunjungan perdana wartawan Balai Kota DKI Jakarta ke lokasi JIS di kawasan Sunter, Tanjungpriok.

Menurut Ari di kawasan selatan JIS terdapat sekitar 600 bangunan yang mana dalam pembebasannya merupakan kewenangan Pemprov DKI Jakarta. Adapun di sebelah timurnya yang terdapat sekitar 200-an merupakan kewenangan PT Kereta Api Indonesia (KAI)  selaku pemilik lahan.

Ari menambahkan bahwa progres pembangunan fasilitas stadion multifungsi tersebut sudah mencapai 93,85 persen.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

7.840 Orang Di Jakarta Positif Covid-19 Dirawat Di RS

Sabtu, 22 Januari 2022 | 21:10 WIB

Pihak RS UKI Hati-Hati Tanggapi Demo PKL

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:43 WIB
X