• Minggu, 14 Agustus 2022

DKI Jakarta Hibahkan Aset Daerah Kepada Jajaran Forkompimda

- Rabu, 29 Desember 2021 | 17:57 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sekda Marullah Matali bersama Kapolda dan Kajati DKI fose bersama usai menandatangani  perjanjian kerja sama penyerahan hibah, Rabu (29/12/2021).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sekda Marullah Matali bersama Kapolda dan Kajati DKI fose bersama usai menandatangani perjanjian kerja sama penyerahan hibah, Rabu (29/12/2021).

JAKARTA: Sebagai upaya mewujudkan semangat kerja sama dalam membangun Jakarta, Pemprov DKI melaksanakan penandatanganan serah terima barang aset milik daerah kepada jajaran Forkompimda, yakni Polda Metro Jaya dan Kejaksaan Tinggi DKI di Balai Kota,   Rabu (29/12/2021).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Sekda Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali, bersama Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Febrie Adriansyah, dan Kapolda  Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran yang disaksikan oleh Gubernur  DKI  Anies Baswedan.

Anies mengatakan penyerahan aset tersebut selain menjadi sarana membangun kemitraan yang harmonis, juga sebagai  pertimbangan untuk menunjang penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi yang diberikan hibah.

"Proses hibah juga perlu mengikuti tahapan sesuai peraturan/ketentuan yang berlaku. Saya berharap proses ini dijalani dengan baik, transparan dan akuntabel serta administrasinya juga dilengkapi dengan baik. Tentu saja, hibah ini sebagai wujud nyata komitmen kami di Jakarta dalam kolaborasi bersama Polda Metro Jaya dan Kajati DKI," ujar Anies.

Mantan Mendikbud ini berharap peran dan fungsi Polda Metro Jaya dan Kejaksaan Tinggi DKI saat berkolaborasi dengan Pemprov DKI dalam membangun Ibu Kota bisa lebih optimal. Hal ini karena hibah aset tersebut dapat dipergunakan sebagaimana peruntukannya, secara transparan dan akuntabel sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami berharap ini menjadi komitmen kami di Jakarta sebagai mitra kerja sama Polda Metro Jaya dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Sehingga kedua instansi dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik lagi," ucap Anies.

Seperti diketahui, penyerahan aset milik daerah ini merupakan tindak lanjut Pasal 396 Permendagri Nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Lebih lanjut, Permendagri yang dimaksud juga menyebutkan bahwa barang milik daerah dapat dihibahkan apabila memenuhi persyaratan,

a. Bukan merupakan barang rahasia negara.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Terkini

PT Fajar Paper Terus Terapkan Ekonomi Sirkular

Kamis, 11 Agustus 2022 | 23:21 WIB

Digelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur DKI

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 06:53 WIB
X