• Minggu, 2 Oktober 2022

Balkoters Talk, Sambut HUT Kota Jakarta Dioperasikan 100 Unit Bus Listrik

- Rabu, 17 Maret 2021 | 16:12 WIB
Bus Transjakarta Listrik siap melayani masyarakat Jakarta, pada Juni mendatang menyambut HUT Kota Jakarta akan dioperasikan ratusan unit.
Bus Transjakarta Listrik siap melayani masyarakat Jakarta, pada Juni mendatang menyambut HUT Kota Jakarta akan dioperasikan ratusan unit.

JAKARTA: Pemprov DKI Jakarta siap mengoperasikan 100 unit armada bus Transjakarta yang menggunakan tenaga listrik, pada Juni nanti sekaligus dalam rangka HUT Kota Jakarta.

Kendaraan yang lebih ramah lingkungan tersebut secara bertahap dibeli pada tahun ini melalui APBD 2021.  Hal itu dikatakan Gubernur DKI Anies Baswedan saat membuka diskusi publik Balkoters Talk yang diselenggarakan secara virtual oleh Koordinatoriat Wartawan Balaikota dan DPRD DKI Jakarta.

“Kita siap menghadirkan 100 armada bus listrik di koridor busway untuk melayani masyarakat,” ujar Anies,  Rabu (17/3/2021).

Menurut mantan Mendikbud itu, kendaraan yang ditenagai listrik ini jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan yang menggunakan BBM maupun BBG.

Diskusi yang bertajuk ‘Menilik Laju Transportasi Listrik Ibu Kota’ yang digelar secara daring juga menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Dirut PT Transjakarta Sardjono Jhony,  anggota DPRD DKI Adi Kurnia Setiadi,  dan GM  PLN UID Jakarta Doddy Pangaribuan.

Anies menambahkan bahwa pengoperasian bus listrik ini sebagai simbol semangat pemerintah untuk terus berinovasi mengantisipasi polusi udara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor.

“Di Jakarta ini sudah terlalu banyak kendaraan bermotor. Bahkan jumlah kendaraan, baik pribadi maupun angkutan umum, jumlahnya lebih banyak dibandingkan jumlah warga itu sendiri. Jadi,  kendaraan listrik menjadi salah satu solusi yang efektif,” kata Anies yang memberikan apresiasi atas terselenggaranya Balkoters Talk yang diikuti 100 wartawan.

Untuk mendukung pengadaan bus listrik tersebut, pihaknya juga mulai membangun stasiun charger untuk mengisi daya listrik. Pada tahun ini ditargetkan akan membangun sedikitnya enam stasiun yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah meluncurkan sejumlah bus listrik, namun pada tahun ini akan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi dalam kuantitas maupun kualitasnya.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Terkini

X