• Jumat, 9 Desember 2022

Mengejutkan, PM Malaysia Mahathir Mohamad Mundur Setelah Dituduh Pengkhianat

- Senin, 24 Februari 2020 | 17:48 WIB
Hubungan Mahatir Mohamad (kanan) dan Anwar Ibrahim mengalami pasang surut yang mempengaruhi dinamikan dunia politik Malaysia
Hubungan Mahatir Mohamad (kanan) dan Anwar Ibrahim mengalami pasang surut yang mempengaruhi dinamikan dunia politik Malaysia

KUALA LUMPUR:  Mahathir Mohamad secara mengejutkan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Malaysia. Politisi yang berusia 94 tahun itu  telah mengajukan pengunduran diri kepada raja.

Pengunduran diri Mahathir terjadi di tengah rumor bahwa ia mungkin membentuk koalisi baru tanpa penggantinya, Anwar Ibrahim.

Perdana menteri tertua di dunia mulai berkuasa pada tahun 2018. Dalam kemenangan mengejutkan, dia menggulingkan perdana menteri saat itu, Najib Razak, yang telah dikaitkan dengan skandal jutaan dolar yang melibatkan dana pemerintah.

Kantor Perdana Menteri mengatakan surat pengunduran diri itu disampaikan pukul 13.00 waktu setempat (05:00 GMT). Tidak ada rincian lain yang dimasukkan dalam pernyataan itu.

Tidak jelas siapa yang akan menjadi perdana menteri berikutnya - atau apakah pemilihan baru akan diadakan.

Pria berusia 94 tahun itu juga telah mengundurkan diri dari Bersatu, partai politik yang ia pimpin. Bersatu telah menjadi bagian dari aliansi oposisi yang berkuasa, Pakatan Harapan, yang bergabung dengan Mahathir pada 2018 bersama dengan Anwar.

Pada hari Minggu, Anwar menuduh Mahathir dan partainya sebagai "pengkhianat".  Dia mengatakan mereka memiliki rencana untuk membentuk pemerintahan baru, mungkin tanpa dirinya.

Selanjutnya pada hari Senin, Mahathir mengajukan pengunduran dirinya.

Meskipun demikian, koresponden BBC untuk Asia Tenggara Jonathan Head mengatakan Mahathir mungkin tidak benar-benar siap untuk mundur.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

DKI Siap Bantu Pembangunan Tambahan Masjid Istiqlal

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:38 WIB

Jelang Natal Harga Bahan Pangan di Jakarta Terkendali

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:59 WIB
X