• Minggu, 3 Juli 2022

Kopi Kapal Api Temukan Dua Puluh Milenial Terbaik Berjiwa Sociopreneur

- Senin, 21 Januari 2019 | 22:51 WIB

JAKARTA: Menjadi seorang sociopreneur atau menjalankan usaha berbasis pemberdayaan masyarakat/sosial, belakangan ini menjadi pilihan populer di kalangan generasi muda Indonesia.

Kreativitas tinggi, didukung daya pikir kritis, serta besarnya optimisme, diyakini PT Santos Jaya Abadi sebagai potensi emas generasi muda Indonesia. Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu menjadi program andalan produsen Brand Kopi Kapal Api ini mencari para sociopreneurship terbaik.

Program yang diluncurkan pada Mei 2018 lalu dan saat ini telah menjelang tahap penjurian dengan tersisa 20 peserta dengan konsep sociopreneurship terbaik yang akan terpilih. Para finalis telah menyisihkan lebih dari 5.000 proposal yang didaftarkan melalui situs www.secangkirsemangat.id hingga 30 September 2018. Penilaian resmi terhadap proposal finalis telah dilaksanakan pada Rabu, 16 Januari 2019 di Artotel, Jakarta.

“Badan Ekonomi Kreatif turut mendukung program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu sejak tahap awal. Program ini terbukti menunjukkan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, praktisi dan para pelaku wirausaha sosial sebagai komitmen bersama dalam meningkatkan ekonomi kreatif. Selain itu, menyebarnya ‘virus’ sociopreneurship di kalangan generasi muda Indonesia menjadi indikator positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan harapan bagi munculnya beragam solusi permasalahan sosial-ekonomi di tataran masyarakat,” jelas Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Triawan Munaf pada kesempatan bertatap muka dengan peserta-peserta terbaik tersebut di Jakarta.

Johnway Suwarsono, Group Brand Manager Kapal Api mengatakan pihaknya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada 20 peserta terbaik program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu. Meski begitu, Johnway mengingatkan para kampium tidak cepat berpuas diri.

"Sebaliknya kami berharap mereka dapat menyumbangkan kontribusi nyata terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat dan memberi warna tersendiri bagi perkembangan tren sociopreneurship di Indonesia,”ujar Johnway.

Sejak diluncurkan, program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu telah menghadirkan serangkaian kegiatan, yaitu Networking Day, Appreanticeship, Workshop Sociopreneur, Campus Talk hingga Prototype Mentoring. Di tahap penjurian akhir, kedua puluh peserta tersebut akan diberi waktu untuk mempresentasikan gagasan usahanya masing-masing di hadapan para juri.

“Tentunya kami mencari milenial dengan jiwa sociopreneur. Tidak hanya seorang visioner yang realistis, selalu ingin belajar dan tidak takut gagal, tetapi juga seseorang dengan jiwa kemanusiaan yang tinggi dan memiliki kreativitas sehingga mampu jadi problem solver untuk membantu atasi masalah sosial yang ada di Indonesia,” jelas Yoris Sebastian, Founder & Creative Thinker OMG sebagai salah satu juri.

Senada dengan Yoris, Founder Yayasan Cinta Anak Bangsa, Veronica Colondam mengatakan sebagai seorang sociopreneur sejati yang tak lepas mengalami kegagalan, ia secara konsisten akan menerapkan trial dan improve, menjadi lebih jeli dan tajam dalam melihat peluang, serta dalam memanfaatkan dukungan ekosistem untuk mendukung usaha sosialnya. Dan tentunya, sebuah usaha keras dan usaha sosial haruslah profitable, dengan unsur pemberdayaan dan pengukuran dampak yang jelas. 

Halaman:

Editor: Yon Parjiyono

Terkini

Plt Tri Adhianto Resmikan UMKM Madani Di Bekasi

Minggu, 3 Juli 2022 | 00:12 WIB
X