FKDM Tidore Kepulauan Berharap Masyarakat Miliki Kewaspadaan Dini Mengetahui Gejala Konflik

- Minggu, 28 Oktober 2018 | 18:02 WIB

TERNATE: Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) berharap masyarakat memiliki kewaspadaan dini dengan mengenali dan mengetahui gejala konflik sejak dini.

"Kemungkinan adanya faktor-faktor pemicu dan tanda-tanda terjadinya mulai dari masalah konflik sosial dengan mengamati indikasi-indikasinya, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan sejak dini," kata Asisten Setda Bidang Tata Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan Umi Abdurrasid.

Ia menyatakan itu pada pembukaan Rapat Kordinasi Kota Tidore Kepulauan Tahun 2018 yang diseleggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di aula SMKN 1 Kota Tidore Kepulauan, Minggu.

Menurut dia, secara sekilas FKDM memiliki tugas dan fungsi yang hampir mirip dengan program lainnya seperti Kominda, FKUB, Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial dan lain-lain.

Oleh karena itu, program ini sangat penting, sehingga berbagai persoalan kamtibmas dan berbagai masalah lainnya bisa dideteksi guna menghindari konflik yang meluas, apalagi melibatkan masyarakat.

Akan tetapi FKDM memiliki lingkup pendeteksian dini yang lebih luas dalam masyarakat, mencakup ideologi, politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan dan keamanan hingga tanggap bencana yang disebabkan baik oleh faktor alam maupun faktor ulah manusia.

Sementara Kepala Bidang Politik, Ketahanan, Ekonomi, Sospol, dan Ormas, Wahid Muhammad bahwa tujuan kegiatan ini demi terciptanya keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

Narasumber dari kegiatan ini dari Kodim 1505, Polres, Ketua FKDM Tidore Kepualuan dan Kesbangpol Kota Tidore Kepulaun sedangkan peserta kegiatan terdiri dari Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Ormas. ***

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

Pj Gubernur Heru: Soliditas Tiga Pilar Jaga Kamtibmas

Rabu, 23 November 2022 | 22:09 WIB
X