• Minggu, 5 Februari 2023

Komitmen NTB Pacu Pencapaian SDGs

- Senin, 28 November 2022 | 18:41 WIB
Wagub NTB, Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah, M.Pd. (Suara Karya/Hernawardi)
Wagub NTB, Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah, M.Pd. (Suara Karya/Hernawardi)

SUARAKARYA.ID: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat terus mengupayakan yang terbaik demi tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

Berbagai upaya tersebut, pelan namun pasti berhasil menuai hasilnya. Terbukti dengan capaian-capaian yang telah diperoleh oleh Provinsi NTB dalam berbagai bidang demi mewujudkan 17 tujuan (goals) yang menjadi komitmen bersama.

Hal tersebut dipaparkan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat menghadiri acara Workshop SDGs Provinsi NTB besutan Bappeda Provinsi NTB, di Hotel Lombok Raya Mataram, Senin (28/11/2022).

Dijelaskan Ummi Rohmi, sapaan Wagub, di antara keberhasilan tersebut adalah berhasilnya Program Revitalisasi Posyandu atau aktifnya 100% Posyandu Keluarga di seluruh Kabupaten dan Kota di NTB. Yang kemudian, memiliki "buah manis" yakni adanya data stunting by name by adress. Data yang bisa langsung diintervensi tersebut kemudian berhasil menekan angka stunting hingga di bawah 17%.

Baca Juga: Pembangunan Desa Harus Punya Roadmap Yang Jelas, Desa Berbasis SDGs Jawabannya 

"Dengan kita aktifkan Posyandu Keluarga, kita memiliki angka stunting by name by adress. Sehingga kita bisa intervensi langsung," ujarnya.

Baca Juga: Pembangunan Berdasarkan SDGs Desa, Memberi Arah Perencanaan Pembangunan Berbasis Kondisi Faktual Desa

Selain itu, beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi NTB bersama 10 Pemerintah Kabupaten/Kota di NTB berhasil memborong penghargaan bidang kesehatan lingkungan STBM Award Tahun 2022 dari Kementerian Kesehatan Republik Inonesia.

Kementerian Kesehatan RI menilai Pemerintah Provinsi NTB berhasil mendorong kabupaten/kota memobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam mempertahankan layanan sanitasi berbasis masyarakat tahun 2022.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nilai Tukar Petani NTB Naik

Kamis, 2 Februari 2023 | 11:59 WIB

Taraf Pendidikan Generasi Milenial di NTB Meningkat

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:07 WIB

Angka Kematian Ibu dan Anak di NTB Turun

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:04 WIB
X