• Rabu, 30 November 2022

Umsida - Desa Madiredo Kerja Sama Tangani Sampah Plastik

- Sabtu, 24 September 2022 | 16:22 WIB
Tim Prodi Teknik Mesin UMSIDA
Tim Prodi Teknik Mesin UMSIDA

SUARAKARYA.ID: Prodi Teknik Mesin Umsida melakukan Memorandum of Understanding (MoU) sekaligus Memorandum of Agreement (MoA) dengan Kepala Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam penanganan dan pemanfaatan sampah plastik

Kerja sama Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dan Desa Madiredo, dipicu dari masalah sampah yang ada di desa tersebut. Sampah  di desa itu, per harinya bisa mencapai  5 ton, dapat dibayangkan bagaimana menanganinya. 

Hal ini yang mendorong Program Prodi Teknik Mesin Umsida melakukan MoU atas nama Fakultas Teknik Sains dan Teknologi Umsida dan MoA dengan Kepala Desa Madiredo. 

Baca Juga: Penerima BSU, Menaker Tinjau Langsung di Tiga Wilayah

Kerja sama yang dilakukan adalah Umsida membantu penanganan  dan pemanfaatan sampah plastik

"Yaitu dengan pembuatan mesin tekan (press), untuk pengepakan (packaging) sampah-sampah plastik," terang dosen Prodi Teknik Mesin UMSIDA, sekaligus sebagai penanggungjawab kegiatan Dr Prantasi Harmi Tjahjanti SSi MT,

Pada kegiatan ini, Prantasi dibantu enam mahasiswanya, sekaligus sebagai bahan skripsi. Yaitu Agus, Septian, Fuad, Henry, Febriyan, serta Rexy.  

Baca Juga: Penurunan Stunting, BKKBN Bersama Swasta Perkuat Kemitraan Untuk Percepatan 

Perlu diketahui, Desa Madiredo memiliki lima dusun. Yaitu Dusun Bengkaras,  Dusun Sobo, Dusun Delik,  Dusun Lebo, serta Dusun Sumber Mulyo. Dusun Lebo memiliki dua anak dusun yakni Anak Dusun Sidodadi dan Meduran.  

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Blacktide, Suplemen Pendukung untuk Kesehatan

Rabu, 30 November 2022 | 08:21 WIB

Komitmen NTB Pacu Pencapaian SDGs

Senin, 28 November 2022 | 18:41 WIB
X