• Jumat, 7 Oktober 2022

Respon Cepat Gempa Bumi Mentawai, Yellow Clinic Terjunkan Tim Kesehatan

- Sabtu, 17 September 2022 | 12:37 WIB
Ketua Yellow Clinic (YC) Dwihartanto bersama Sekretaris YC dr. Linda Lukitari Waseso mendampingi Ketua Yayasan Cipta Karya Medika Airlangga Hartarto saat meninjau vaksin kepada anak-anak sekolah yang digelar Tim Kesehatan YC. Termasuk cepat menerjunkan Tim Medis untuk membantu korban gempa Mentawai (AG Sofyan )
Ketua Yellow Clinic (YC) Dwihartanto bersama Sekretaris YC dr. Linda Lukitari Waseso mendampingi Ketua Yayasan Cipta Karya Medika Airlangga Hartarto saat meninjau vaksin kepada anak-anak sekolah yang digelar Tim Kesehatan YC. Termasuk cepat menerjunkan Tim Medis untuk membantu korban gempa Mentawai (AG Sofyan )
 
 
SUARAKARYA.ID: Yellow Clinic (YC) merespon cepat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis (15/9/2022), pukul 22.24 WIB.
 
Ketua Yellow Clinic, Dwihartanto menyatakan YC segera mengirimkan Tim Kesehatan untuk membantu korban gempa bumi di Mentawai.
 
 
"Sabtu ini (17/9/2022) Tim Medis Yellow Clinic yang terdiri dari dua dokter dan dua perawat sudah sampai di Padang. Dan teknisnya akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar), Dinas Kesehatan setempat, Kodam dan Polda Sumbar untuk dibrief sebelum berangkat ke Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai yang berjarak 174 km dari Padang melalui kapal laut," ujar Dwihartanto kepada suarakarya.id melalui sambungan ponsel di Jakarta, Jumat (16/9/2022).
 
Dwihartanto menjelaskan  penugasan tim ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung akibat gempa bumi yang kesekian kali terjadi di Mentawai.
 
 
“Tim yang terdiri dari 2 dokter dan 2 perawat ini akan bertugas selama 14 hari dan dapat diperpanjang masa penugasannya sesuai dengan kebutuhan di lapangan.  Yellow Clinic juga menyiagakan tim tambahan jika memang diperlukan untuk segala sesuatunya,” tutur Dwihartanto yang juga Wabendum DPP Partai Golkar ini.
 
Tim yang ditugaskan juga akan dibekali dengan obat-obatan yang mencukupi sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan. 
 
 
"Yellow Clinic akan melakukan evaluasi secara intensif untuk mengkaji kebutuhan pengiriman personil atau obat ke lokasi terdampak. Tim Medis YC akan berada di lokasi terdampak di Siberut," ungkap Dwihartanto.
 
Lebih lanjut aktivis kemanusiaan yang aktif di Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) ini menjelaskan bahwa dalam memberikan pelayanan tim Yellow Clinic akan berkoordinasi dengan BPBD dan pemangku kepentingan setempat untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan dari Yellow Clinic dapat menjangkau masyarakat yang paling terdampak dan membutuhkan. 
 
 
Yellow Clinic (YC) sebagai pilar kesehatan Partai Golkar telah berperan aktif dan berkontribusi positif untuk misi kemanusiaan dengan membantu kesehatan masyarakat terdampak bencana maupun untuk masyarakat di wilayah yang membutuhkan layanan kesehatan cuma-cuma (AG Sofyan )
 
Airlangga Menyemangati TimKes
 
Sementara itu Ketua Yayasan Cipta Karya Medika yang menaungi Yellow Clinic, Airlangga Hartarto meminta kepada Tim Kesehatan YC untuk menjalankan penugasan kemanusiaan ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan mendedikasikan waktu, energi dan bahkan jiwa untuk mengabdikan kepada keselamatan korban gempa Mentawai.
 
"Jaga diri anda semua baik dokter dan perawat sebagai duta kesehatan dan kemanusiaan dari Yellow Clinic. Bawa nama baik Yellow Clinic. Tetap sehat dan semangat untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Mentawai yang saat ini diuji kembali dengan musibah gempa bumi. Semoga Allah melindungi kita semua dan ujian Tuhan bisa kita lewati bersama," kata Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini.
 
 
Bakti kesehatan yang akan dilakoni Tim Yellow Clinic akan dilaksanakan pada tanggal 17-30 September 2022.

Sekretaris Yellow Clinic dr. Linda Lukitari Waseso telah menandatangani surat tugas kepada dr. G. Ayu Amelinda Hanjani dan dr.  Nafsul Mutmainnah dalam kapasitasnya sebagai Dokter. Serta Br. Ton Riyanto dan Br.Br.mas Zuhrul Anam, keduanya sebagai Perawat untuk membantu proses kegiatan Bakti Kesehatan di Mentawai tersebut agar berjalan dengan lancar. 

Peta rute Tim Kesehatan Yellow Clinic yang akan diterjunkan ke lokasi gempa bumi di Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (AG Sofyan )

Yellow Clinic yang menjadi pilar kesehatan Partai Golkar telah secara aktif dan intens memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terdampak  bencana-bencana lain di tanah air. 
 
 
Salah satunya bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur dan Banjir di Sukabumi, Jawa Barat yang menerjunkan Tim Kesehatan cukup banyak dan membutuhkan waktu yang cukup lama di lokasi bencana.
 
"Tentu ini sejalan dengan visi Yellow Clinic untuk menjadikan pelayanan kesehatan masyarakat yang terbaik dan prima serta terjangkau," jelas Dwihartanto.
 
 
Saat ini, kata Fungsionaris Pusat Partai Golkar ini, Yellow Clinic telah memiliki 13 cabang yang telah berkontribusi bagi kesehatan masyarakat, seperti pengobatan gratis, pemberian vaksin, hingga pelayanan kesehatan gigi dan mulut. YC di daerah telah tersebar di seluruh Indonesia dan jumlah ini akan terus berkembang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan kesehatan masyarakat. ***
 

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pendaftaran Kartu  Prakerja Gelombang 46 Dibuka

Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:49 WIB
X