Tingkatkan Kompetensi Guru TIK, Kemenkominfo Gelar Bimtek di Wilayah 3T

- Selasa, 6 September 2022 | 01:42 WIB

SUARAKARYA.ID: Dalam upaya tingkatkan kompetensi guru TIK di bidang digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI Kominfo), gelar kegiatan bertajuk 'Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru di Wilayah 3T'.

Acara tingkatkan kompetensi guru TIK ini diselenggarakan guna menunjang layanan pendidikan di wilayah tertinggal

Kegiatan tingkatkan kompetensi guru TIK ini dilakukan, berkolaborasi dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusdatin Kemendikbud Ristek). 

Baca Juga: BPJAMSOSTEK, Timnas U-18 Basket Putri Indonesia Bertanding di FIBA Womens Champions Terlindungi

Kegiatan dilaksanakan secara luring di Grand I Hotel, Kota Batam, Kep Riau, pada 23-26 Agustus 2022 lalu, dan dihadiri  100 Guru. 

Dalam rangkaian bimbingan teknis (bimtek) ini, turut diselenggarakan Kelas Literasi Digital, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru TIK di bidang digital. Guna menunjang layanan pendidikan di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan Kemenkominfo dan Katadata Insight Center tahun 2021 lalu, didapatkan skor atau tingkat kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia sebesar 3.49 dari 5.00. 

Baca Juga: Lirik Lagu Tuhan - Bimbo ...Hati Adalah Cermin, Tempat Pahala Dosa Bertaruh

Berdasarkan skor itu, tingkat literasi digital di Indonesia berada dalam kategori 'sedang'. Kegiatan literasi digital merupakan salah satu inisiasi Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan ASN menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nilai Tukar Petani NTB Naik

Kamis, 2 Februari 2023 | 11:59 WIB

Taraf Pendidikan Generasi Milenial di NTB Meningkat

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:07 WIB

Angka Kematian Ibu dan Anak di NTB Turun

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:04 WIB
X