• Sabtu, 1 Oktober 2022

Perkuat Moderasi Beragama, 729 Polisi Ikuti Lomba MTQ Polri

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 02:19 WIB
Penganugerahan Juara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kepolisian RI 2022. (Foto: Humas Kemenag)
Penganugerahan Juara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kepolisian RI 2022. (Foto: Humas Kemenag)

SUARAKARYA.ID: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,  menghadiri Penganugerahan Juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kepolisian RI 2022 di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Kehadiran Menag disambut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hadir pula, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Penganugerahan Juara MTQ Polri ini merupakan rangkaian penutup dari acara Lomba MTQ Polri yang telah dilaksanakan dari 8-16 Agustus 2022. Lomba ini diikuti 729 peserta polisi dari 34 Polda di Indonesia dan Mabes Polri.

Baca Juga: Lirik Lagu Nusantara 1 - Koes Plus ....Lautnya luas seperti jiwaku

Dalam sambutannya, Kapolri Sigit menjelaskan, kegiatan MTQ bertujuan melahirkan polisi-polisi berjiwa Qurani yang bisa mempersatukan ulama dan umara (pemerintah) serta memperkuat program Moderasi Beragama Kementerian Agama.

"Kita harapkan kegiatan lomba MTQ Polri ini dapat melahirkan qari-qari dari anggota kami yang dekat dengan masyarakat dan bisa bersinergi dengan umara dan ulama dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta menjalankan Moderasi Beragama," ujarnya di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Sigit berpendapat, kolaborasi antara polisi, ulama, dan umara dapat mencegah munculnya perpecahan di masyarakat. Kolaborasi juga membuat tiga unsur tersebut saling bahu-membahu dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa, guna menghadapi berbagai tantangan bangsa.

Baca Juga: Lirik Lagu Bukti - Virgoun ...Kau Wanita Terhebat Bagiku

"Kita selalu menginginkan Polri ke depan menjadi institusi yang lebih baik. Kita ingin melahirkan polisi unggul yang memiliki karakter akhlak mulia, baik dalam konteks hablum minallah (kepada Allah) maupun hablum minannas (sesama manusia). Hal tersebut bisa kita gali dari kegiatan MTQ ini," ujar Sigit.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Optimistis Jadi Pusat Industri Halal Dunia

Jumat, 30 September 2022 | 18:36 WIB

Stiamak Barunawati Surabaya Segera Tambah 4 Prodi Baru

Kamis, 29 September 2022 | 17:16 WIB

Kemenag Luncurkan Program Madrasah Digital di MAN 1 Medan

Minggu, 25 September 2022 | 11:49 WIB
X